Rabu, 21 November 2018
Gaya Hidup

Sarapan dengan Makanan Sehat Ini, Manfaatnya Luar Biasa

Sarapan dengan Makanan Sehat Ini, Manfaatnya Luar Biasa Ilustrasi - Sarapan bersama Keluaraga (Foto: Thinkstock)
Kamis, 08 November 2018 - 05:22

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang melewatkan sarapan karena ingin segera memulai kegiatan mereka. Padahal, sarapan merupakan sumber energi bagi otak agar Anda dapat bekerja lebih optimal. Ada beberapa makanan sehat dan minuman untuk sarapan yang membuat tubuh Anda terasa lebih semangat di pagi hari.

Berikut ini makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk sarapan dan efektif menambah semangat di pagi hari, dilansir dari Healthline.

1. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap baik. Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Kopi

Analisis dari beragam studi menemukan dosis asupan kopi yang paling efektif untuk meningkatkan semangat adalah 38-400 mg per hari. Jika dikonversi, takaran tersebut setara dengan 3-4 cangkir kopi per hari, tergantung bagaimana tubuh Anda bisa menerimanya.

Selain itu, kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79–150 kalori ekstra selama periode 24 jam.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat unik yang disebut oat beta-glucan, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi kolesterol. Serat ini merupakan serat kental yang mendorong perasaan kenyang. Satu studi menemukan bahwa peningkatan kadar hormon PYY membuat kenyang dan dosis yang lebih tinggi memiliki efek yang bagus untuk membuat Anda tidak makan banyak pada siang harinya.

4. Teh Hijau

Kandungan kafein di dalam teh hijau meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, kemudian secara bersamaan meningkatkan metabolisme. Dalam satu cangkir teh hijau terdapat 35–70 mg kafein, atau setengah kadar kafein  kopi. Akan tetapi, manfaat kafein dari teh hijau ini cukup luar biasa, salah satunya adalah membantu melawan diabetes.

Sebuah studi menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki kadar gula darah dan tingkat insulin yang rendah dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai EGCG, yang dapat melindungi otak, sistem saraf dan jantung Anda dari kerusakan.

5. Buah

Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Jika Anda mencari buah yang cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan, carilah buah yang kandungan serat dan airnya yang tinggi, seperti semangka, melon, dan apel.

Itulah makanan sehat yang bisa menjadi menu andalan untuk sarapan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan padat nutrisi, Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas sehari penuh. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration