Glutera News

Terlihat Lebih Tua dari Teman Seumuran, Apa Sebabnya?

Selasa, 06 November 2018 - 10:53 | 341.47k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wajah yang awet muda pastinya membuat kita merasa yakin akan kesan diri yang kita tampilkan. Tapi bagaimana jika kita sudah mengalami kerutan di wajah dan keriput? Padahal usia kita masih muda dan seharusnya belum saatnya kerutan itu muncul. Pasti ada penyebab tertentu yang membuat wajah menjadi lebih tua sebelum waktunya.

Cobalah teliti lagi bagaimana sebenarnya rutinitas Anda sehari-hari, siapa tahu ada beberapa hal dibawah ini yang menjadi penyebab wajah keriput.

1. Alkohol

Untuk Anda yang suka mengonsumsi alkohol, ketahuilah dampak buruk dari alkohol yaitu bisa menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh. Alkohol juga mempengaruhi proses regenerasi sel–sel tubuh yang akan menjadi penyebab wajah terlihat tua.

2. Rokok

Rokok mengandung racun yang bernama nikotin. Selain akan meresap ke dalam tubuh lewat asap rokok, juga ada akibat lain yang ditimbulkan rokok yaitu kulit wajah akan cepat menjadi keriput. Ini disebabkan karena asap rokok membuat wajah menjadi kering.

3. Bantal

Tidur menyamping menimbulkan kerutan pada wajah karena biasanya garis lipatan yang terbentuk di sarung bantal akan membekas pada kulit wajah. Jika berlangsung setiap hari dan Anda tidur pada sisi wajah yang sama, bukan tidak mungkin menimbulkan kerutan permanen di wajah.

4. Sering Tidur Larut

Tidur larut atau begadang sudah pasti akan membuat wajah tampak lebih tua. Selain tanda kelelahan yang jelas terlihat, wajah juga menjadi tidak segar. Kantung mata akan menggantung dan berwarna hitam, dan kulit muka kering serta kusam. wajah juga terlihat kuyu karena kurang tidur.

5. Foundation

Salah memilih warna foundation juga bisa membuat wajah terlihat tua. Cara memakainya juga berpengaruh. Jika mengaplikasikan terlalu tebal, maka wajah akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, karena kulit wajah juga menahan beban berat dari make up yang tebal. Coba gunakan BB cream sebagai pengganti foundation yang formulanya lebih ringan untuk kulit.

6. Sedotan

Gerakan mengisap saat minum menggunakan sedotan juga bisa menyebabkan otot–otot wajah tertarik dan menyebabkan garis–garis halus yang mengarah kepada munculnya keriput.

7. Televisi atau Komputer

Menurut sebuah penelitian, orang yang menghabiskan waktu di depan televisi melebihi 6 jam sehari akan mempunyi rusiko usianya berkurang sebanyak 4,8 tahun dibanding yang jarang berada di depan televisi atau komputer.

8. Ekspresi Wajah

Sering tertawa atau tersenyum bisa menghasilkan kerutan di sudut–sudut mata dan juga sudut bibir. Sedangkan mengerutkan dahi ketika heran atau kesal juga lama kelamaan akan mencetak kerutan yang permanen di wajah. Digabungkan dengan kulit yang kering dan tidak terawat, kerutan–kerutan itu akan lebih mudah terlihat pada wajah.

9. Pendingin atau Pemanas Udara

Berada terlalu lama di sebuah ruangan yang mempunyai pemanas atau pendingin udara juga bisa membuat kulit kering dan lama kelamaan akan menjadi keriput.

10. Sinar Matahari

Terlalu sering berada di bawah panas matahari akan berefek buruk untuk kulit. Paparan sinar ultraviolet atau sinar UV bisa membuat wajah terlihat lebih tua karena menjadi hitam, kering dan bersisik.

11. Stres

Terlalu banyak pikiran bisa memicu kulit keriput di usia yang muda. Stres akan mempercepat penuaan dari sel yang berada di dalam tubuh. Jika sel tubuh mengalami penuaan, pasti demikian juga halnya dengan kulit wajah. Selain itu, ketegangan kulit wajah akibat kita sedang berpikir berat juga dapat menimbulkan keriput.

12. Jarang Cuci Muka

Ketika merasa sangat letih, pada malam hari pasti kita ingin langsung tidur saja dan tidak terpikir untuk membersihkan muka. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah, karena kotoran dan debu bertumpuk di kulit wajah, menyumbat pori–pori dan bisa membuat wajah menjadi berjerawat juga.

13. Kopi

Berlebihan minum kopi juga akan menjadi penyebab wajah terlihat tua. Karena kopi bisa membuat kita mengalami dehidrasi bila diminum dalam jumlah banyak. Kulit yang dehidrasi akan kekurangan air, yang pada akhirnya mempengaruhi kelembaban kulit.

14. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih juga akan mempengaruhi asupan air ke tubuh. Tubuh yang kekurangan air akan membuat kulit juga menjadi kering, dan cepat mengalami keriput.

15. Sabun Mandi

Sabun mandi mengandung lapisan alkali yang bisa mengeringkan kulit wajah. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka, akibatnya akan membuat kulit wajah kusam dan kering.

16. Diet Ekstrim

Karena ingin terlihat langsing, diet yang dilakukan justru jadi berlebihan sehingga membuat tubuh kekurangan cairan dan nutrisi. Akibatnya fungsi tubuh jadi terganggu, termasuk keadaan kulit yang menjadi kering karena tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk kelembaban kulit.

17. Makanan Tidak Sehat

Senang menyantap makanan yang tinggi kolesterol seperti gorengan, santan, dan lain-lain juga akan berpengaruh terhadap kondisi kulit kita. Tidak adanya vitamin yang didapatkan untuk melancarkan fungsi tubuh berakibat kulit yang tidak segar dan menjadi penyebab kulit keriput di usia muda.

18. Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan proses penggumpalan protein atau lemak dengan glukosa yang berasal dari gula. Akibat dari penggumpalan ini adalah kakunya jaringan di seluruh tubuh dan menyebabkan kerutan di wajah. Jika hal ini sudah terjadi, Anda tidak akan terlihat awet muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES