Rabu, 21 November 2018
Wisata

De Berran Obyek Wisata Alam yang Dikelola Warga Desa

De Berran Obyek Wisata Alam yang Dikelola Warga Desa Wisata kolam renang murah meriah ada di Dusun Poh Kopek, Oro Oro Ombo, dirasa wisatawan aman dan nyaman. (FOTO; Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Senin, 05 November 2018 - 23:23

TIMESINDONESIA, BATU – Ingin menikmati kesegaran berenang di kolam yang dialiri air dari sumber air langsung, datang saja ke obyek wisata alam De Berran.

Tapi jangan kaget, kalau nanti mendapati harga tiket masuk obyek wisata di Dusun Gondorejo, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu ini sangat murah.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang, wisatawan bisa menikmati keindahan De Berran yang dikelola oleh warga setempat melalui Bumdes ini.

De-Berran-Obyek-Wisata-Alam-a.jpg

Sugiono, salah satu pengelola obyek wisata ini mengatakan pendirian obyek wisata ini tidak lain untuk memberikan tempat rekreasi yang murah dan bagus untuk masyarakat desa, disamping bisa memberikan pendapatan tambahan untuk desa.

“Selama ini mereka kan berenang di sungai, sekarang warga bisa berenang ditempat yang lebih higienes. Alhamdulillah tidak hanya diminati oleh warga tapi juga dinikmati warga luar daerah,“ ujarnya.

Ditempat ini dari dulu memang dikenal memiliki banyak sumber air, dengan menggunakan dana swadaya masyarakat, dibukalah wisata murah meriah yang kini pembangunannya masih berproses.

De-Berran-Obyek-Wisata-Alam-b.jpg

Di tempat ini ada 3 kolam dengan ukuran yang berbeda-beda dengan kedalaman air sedalam 100 centimeter, 150 centimeter dan 80 centimeter dengan lebar kolam antara 50 hingga 200 meter.

Ada juga rumah-rumah pondok yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat sambil menghirup udara segar Kota Batu.

Untuk mencapai lokasi ini pun sangat mudah, karena letaknya berada di dekat obyek wisata Batu Night Spectacular (BNS).

Memang tidak ada mobil angkutan umum lewat jalur ini, namun wisatawan bisa menggunakan angkutan publik seperti ojek dari Terminal Batu atau turun di Jl Sarimun, Desa Beji Junrejo kemudian naik ojek menuju lokasi yang jaraknya kurang lebih 2 kilometer.

“Apik, enak, nyaman dan aman untuk anak-anak, tempat berteduh buat orang tua yang menunggu anak-anaknya berenang,” ujar Hartini salah seorang wisatawan.

Salah satu kelebihan obyek wisata alam De Berran dibandingkan obyek wisata lain adalah, seluruh air kolam adalah air murni dari sumber air, tanpa harus melewati proses kimiawi. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration