Peristiwa Daerah

Unisma Larang Mahasiswi Muslim Gunakan Cadar

Senin, 05 November 2018 - 20:47 | 149.90k
Ilustrasi - Mahasiswi bercadar (FOTO: voa-islam)
Ilustrasi - Mahasiswi bercadar (FOTO: voa-islam)

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma (Universitas Islam Malang) mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan cadar di kampus dan kegiatan yang mengatasnamakan kampus.

Pelarangan ini tertulis dalam Keputusan Rektor Unisma nomor 676/G152/U.KPK/R/1.16/X/2018 tentang Peraturan Berpakaian di dalam Kampus atau kegiatan atas nama Unisma, dalam pasal 1 ayat 1 b tentang aturan berpakaian muslim.

Dalam poin ke-7 tertulis bahwa 'Tidak menutup wajah dalam bentuk apapun, kecuali alasan sakit yang dapat dibuktikan secara indrawi atau dengan surat keterangan dokter'.

Sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak Unisma terkait pelarangan ini. 

Sebelumnya, Menristekdikti M Nasir membebaskan kampus berhak membuat peraturan mengenai penggunaan jilbab maupun cadar bagi para mahasiswinya. Menurutnya Kementerian hanya mengatur hak semua orang harus dilindungi semua, hak seseorang ya, yang tidak boleh adalah yang menimbulkan radikalisme, ini yang kami larang. 

Sebelumnya, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, juga melarang mahasiswinya untuk mengenakan cadar di dalam kampus. UIN Sunan Kalijaga mengeluarkan surat dengan nomor B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 sebagai dasar pelarangan tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES