Glutera News

Menjaga Persendian Tetap Sehat agar Bebas Bergerak

Senin, 05 November 2018 - 16:31 | 42.75k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPersendian memiliki fungsi penting, yaitu menghubungkan tulang agar bagian tubuh dapat bergerak dan menyokong berat tubuh. Persendian yang sehat membuat tubuh dapat menekuk, berputar, dan melakukan kegiatan lainnya. Sayangnya, cedera dan pertambahan usia dapat membuat tulang rawan aus, hingga menimbulkan reaksi yang dapat merusak sendi dan menyebabkan radang sendi.

Mengetahui krusialnya fungsi persendiaan, tak berlebihan jika dikatakan bagian tubuh yang satu ini harus dirawat dan dijaga kesehatannya agar selalu berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada persendian melebihi kapasitas normal. Akibatnya, persendian menjadi lemah dan rusak, terutama di persendian yang menahan berat badan seperti  lutut, pinggul, dan punggung. Menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi.

2. Banyak Bergerak

Banyak bergerak dan rutin olahraga membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Bahkan, olahraga mampu menjaga fungsi sendi dan mengurangi kecacatan pada penderita radang sendi.

3. Menjaga Postur Tubuh yang Baik

Seorang professor ortopedi menyarankan untuk duduk, berdiri, dan berjalan dengan postur yang baik (tulang punggung lurus sejajar) agar berat badan terbagi dengan merata dan tubuh menjadi seimbang. Postur tubuh yang buruk dapat mengganggu keseimbangan dan memberikan tekanan yang tidak perlu pada persendian. Efeknya, persendian menjadi nyeri dan rusak.

4. Mengangkat Benda Berat dengan Benar

Mengangkat barang berat dengan posisi yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada persendian. Benda berat memberi beban ekstra pada sendi sehingga. lebih rentan terhadap cedera dan kerusakan. Disarankan untuk tidak  mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu.

5. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Persendian

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan sendi antara lain buah dan sayur berwarna, makanan kaya kalsium dan vitamin D, serta makanan kaya antioksidan. Selain itu, kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, garam, dan gula seperti soda, bir, dan bacon.

6. Suplemen Sendi

Tidak sedikit orang minum suplemen sendi yang mengandung glukosamin dan kondroitin untuk menjaga kesehatan persendian. Suplemen tersebut diduga dapat mengurangi nyeri osteoarthritis yang sedang atau berat pada beberapa orang. Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif sendi yang menyebabkan nyeri dan pembesaran tulang.

Menjaga kesehatan persendian memang penting karena memudahkan Anda untuk berjalan, berlari, berolahraga, melompat, dan melakukan aktivitas lainnya. Namun apabila persendian Anda terasa nyeri, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES