Peristiwa Daerah

Gudang Penyimpanan Pondok Pesantren Hangus Dilalap Api 

Senin, 05 November 2018 - 14:09 | 45.17k
Proses pemadaman api yang melanda gudang Ponpes Riyadlus Solihin. (FOTO: ISTIMEWA)
Proses pemadaman api yang melanda gudang Ponpes Riyadlus Solihin. (FOTO: ISTIMEWA)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sebuah gudang penyimpanan peralatan pondok pesantren Riyadlus Solihin hangus dilalap api. Diduga, kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik. Akibatnya, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kebakaran hebat itu terjadi di Pondok Pesantren Riyadlus Solihin, di jalan Gus Dur, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Gudang milik santri, yang berada di sisi selatan diketahui tiba-tiba terbakar, Senin (5/11/2018) siang.

Gudang-Kebakaran-2.jpg

Api pertama kali di ketahui sekitar pukul 11.00 WIB, saat para santri sedang belajar. Gudang tersebut, sehari-hari terkunci rapat. Kecuali sedang ada kegiatan santri. Menurut saksi mata, gudang semi permanen berdinding hardplek itu nampak berasap tebal. Begitu pintu dibuka, api langsung membesar.

Beruntung, tiga unit pemadam kebakaran langsung datang untuk memadamkan api. Namun, besarnya kobaran api dan isi gudang yang penuh bahan mudah terbakar, membuat api sukar dijinakkan dan menghanguskan seluruh isi gudang.

“Tidak tahu, pokoknya begitu dibuka, api sudah membesar. Saat itu kami sedang belajar,” kata salah satu santri, Ahmad Zaelani.

Gudang-Kebakaran-3.jpg

Akibat kebakaran tersebut, pihak pondok pesantren mengalami kerugian sampai 100 juta rupiah. “Lantaran di dalam gudang tersebut, ada beberapa mesin diesel, mesin pencacah sampah, becak, serta perlengkapan siswa lainnya,” terang Kepala Pondok, Kyai Hafidz.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan, terkait penyebab utama kebakaran. Diduga api berasal dari percikan akibat konsleting listrik. Kapolsek Kademangan, Kompol Toyib Subur menyebut, dugaan konsleting listrik muncul, karena dalam gudang ada lampu yang menyala. Sementara kondisi saat kejadian, sedang panas terik. Namun demikian, pihaknya tidak mau buru – buru dalam mengambil kesimpulan penyebab kebakaran gudang Ponpes Riyadlus Solihin ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES