Ekonomi

Deskranada Kota Kediri Gelar Talkshow untuk Mengangkat Batik dan Tenun Ikat

Sabtu, 03 November 2018 - 22:07 | 63.31k
Talk show membangun brand pelaku industri kreatif kota kediri (FOTO: Cas/TIMES Indonesia)
Talk show membangun brand pelaku industri kreatif kota kediri (FOTO: Cas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Ketua Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, membuka talkshow Membangun Brand, pelaku industri kreatif, Sabtu (3/11/2018) di Ruang Kilisuci Balaikota Kediri. Acara ini dihadiri kurang lebih 50 orang pelaku industri kreatif di Kota Kediri, termasuk para perajin tenun, batik tulis, produk kriya dan industri fashion lokal.

Dalam sambutannya, Ferry Silviana mengungkapkan talkshow ini merupakan rangkaian kegiatan dari Dhoho Street Fashion yang tahun ini merupakan tahun keempat pagelaran tersebut. Dhoho Street Fashion sendiri merupakan acara fashion show dengan mengangkat kain lokal Kota Kediri seperti batik dan tenun ikat.

Talk-show-membangun-brand-pelaku-industri-kreatif-kota-kedir-b.jpg

"Setelah digelar setiap tahunnya Dhoho Street Fashion kami rasa efektif dan efisien untuk mengangkat kain lokal agar dikenal oleh masyarakat global. Tahun 2016 kami juga mengikuti Jakarta Fashion Week yang bekerjasama dengan desainer nasional," ujarnya.

Ferry Silviana berharap peserta akan menggali ilmu sebanyak-banyaknya pada talkshow ini.

Talkshow ini berangkat dari kesadaran Pemerintah Kota Kediri yang bertekad untuk terus mendorong pertumbuhan industri kreatif di Kota Kediri. Hal ini dimaksudkan agar sektor ini dapat memberikan kontribusi yang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi lokal sekaligus penyerapan angkatan kerja.

Talk-show-membangun-brand-pelaku-industri-kreatif-kota-kedir-a.jpg

Dalam hal ini, salah satu tantangan terbesarnya adalah membentuk kesadaran para pelaku industri kreatif akan pentingnya membangun brand produk kreatif yang dihasilkan. 

Dekranasda Kota Kediri melihat perlunya brand awareness bagi pelaku industri kreatif agar produk  kreatif di Kota Kediri  mendapatkan animo dan kepercayaan dari konsumen.

Hadir sebagai narasumber adalah Dinny Jusuf, pendiri dan CEO Torajamelo yang telah sukses menjadikan tenun dari Tanah Toraja dan beberapa daerah lain lebih dikenal oleh masyarakat domestik dan mancanegara.

Talk-show-membangun-brand-pelaku-industri-kreatif-kota-kedir-c.jpg

Pada kesempatan itu, Dinny Jusuf berbagi cerita mengenai kiprah Torajamelo yang selama ini concern dalam pelestarian tenun Nusantara dan berfokus pada peningkatan kesejahteraan para perajin tenun tradisional. Materi disampaikan dengan gaya interaktif melalui pemutaran video, diskusi dan tugas kelompok sehingga para peserta bersemangat mengikuti talkshow hingga selesai. 

“Dari interaksi saya di peserta, saya merasa kagum terhadap potensi dan kearifan lokal Kota Kediri yang bisa dijadikan inspirasi bagi pelaku industri kreatif dalam membangun brand produknya,” papar Dinny saat ditemui usai talkshow.

Melalui kegiatan yang digelar Dekranasda Kota Kediri ini, diharapkan terbentuk brand awareness para pelaku industri kreatif di Kota Kediri yang pada akhirnya berimplikasi terhadap perkembangan unit bisnis mereka. Tidak hanya talkshow dalam kesempatan ini peserta juga diajak berdiskusi dan brainstorming membentuk brand. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES