Kesehatan

Catat! Hindari Minum Teh di Waktu Ini

Kamis, 01 November 2018 - 05:24 | 45.17k
ILUSTRASI - Minum Teh  (FOTO: www.tehsariwangi.com)
ILUSTRASI - Minum Teh (FOTO: www.tehsariwangi.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teh menjadi salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini bisa dikonsumsi dalam kondisi hangat ataupun dingin. Selain bisa menyegarkan badan, pakar kesehatan juga menyebut minum teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Meski demikian, ada baiknya kita juga memperhatikan kapan waktu minum teh.

1. Hindari Minum Teh saat Perut Kosong

Seperti dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi teh saat perut masih berada dalam kondisi kosong. Jika kita melakukannya saat perut masih kosong, maka kandungan senyawa alkali di dalam teh yang bersifat asam ini bisa menyebabkan kenaikan asam lambung.

2. Hindari Minum Teh Setelah Makan

Di dalam teh terdapat kandungan polifenol dan tanin yang mampu mengikat zat besi yang ada di dalam makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan membuat proses penyerapan zat besi terhambat. Padahal, tubuh sangat membutuhkan zat besi bagi kondisi kesehatan darah dan berbagai sistem yang berjalan di tubuh. Kebiasaan minum teh langsung setelah makan juga bisa menyebabkan anemia.

3. Hindari Minum Obat dengan Teh

Banyak orang yang minum obat bersama dengan teh demi menurunkan sensasi pahit dari obat tersebut. Padahal, hal ini bisa menyebabkan penurunan kinerja obat dalam menyembuhkan penyakit. Kandungan tanin di dalam teh ternyata bisa mengikat banyak senyawa aktif di dalam obat yang membuatnya tidak bisa diserap oleh pencernaan.

4. Hindari Minum Teh Sebelum Tidur

Meski bisa menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, minum teh sebelum tidur ternyata bisa menyebabkan insomnia atau susah tidur. Sebagaimana kopi, di dalam teh terdapat kandungan kafein yang bisa mempengaruhi tekanan darah, denyut nadi, serta frekuensi pernapasan kita yang akhirnya membuat tubuh tak kunjung bisa memejamkan mata untuk beristirahat.

Itulah empat waktu yang sebaiknya dihindari saat minum teh. Pilihlah waktu yang tepat saat minum teh agar mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES