Ekonomi

Generasi Millenial Pelajari Trik Trik Marketing Online dari Ahlinya

Rabu, 31 Oktober 2018 - 08:19 | 25.29k
Smartfren Community Malang berkolaborasi dengan Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang)  berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui  Bolang Ngumpul  di private Bar, Atria Hotel. (FOTO: Istimewa)
Smartfren Community Malang berkolaborasi dengan Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang) berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui  Bolang Ngumpul  di private Bar, Atria Hotel. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Tidak dipungkiri kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, pergerakan orang, barang dan jasa di kota urban ini semakin mudah. Ragam kebutuhan seperti apparel, kuliner, handycraft, buku, dan lain-lain dapat dipasarkan secara online.

Di  lain sisi konten tulisan yang menarik pun dapat dimonetisasi di media  sosial semisal Blog, Instagram atau Kompasiana. Sepanjang tersedia saluran internet, kapanpun pengguna mau, di mana saja, just click!

Pasalnya, pengguna telepon seluler di negara emerging market ini mencapai 371,4 juta. Jumlah ini setara dengan 142% dari total populasi Indonesia (262 juta jiwa). Jika dirata-ratakan, tiap penduduk memiliki 1,4 ponsel. Sementara itu, kaum urban mencapai 55% dari total  populasinya, demikian katadata ini.

Memperhatikan  kondisi di atas, generasi millenial dapat memanfaatkan peluang itu  untuk memperoleh benefit sosial maupun ekonomi.

Namun demikian, para muda millenial perlu memperhatikan trik-trik marketing online dari mereka yang telah berpengalaman menggunakannya di media sosial.

Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang) berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui  Bolang Ngumpul  dengan tema "Inovasi Marketing Online Bersama JNE", dengan menghadirkan  narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Acara yang  berlangsung pada Minggu (28/10/2018) bertempat d Private Bar, Atria Hotel mulai pukul 18.00 sampai selesai. Dengan pembicara Whindiarto Yudistiro (Kabag. Sales & Marketing JNE), Niken Paramita (Pelaku Bisnis Online), Ikrom Zain (Kompasianer) Selamet Hariadi dan (Bolanger & Leader Smartfren Community Malang)

Pembicara dari JNE diwakilkan Public relationsnya menjelaskan tentang produk-produk JNE untuk masyarakat. Ada program JLC yang menguntungkan dengan berbagai hadiah lewat penukaran poin.

Pembicara kedua adalah Niken Pramita, pelaku bisnis online, yang menyampaikan pengalamannya memaksimalkan media sosial untuk bisnis onlinenya. Mulai dari facebook hingga sekarang menggunakan Instagram. Niken  juga berbagi pengalaman membawanya ke Rusia saat Piala Dunia karena besarnya pengirimannya produknya.

Ikrom Zain berbagi tips yang telah tentang menulis konten kreatif. Pengalamannya memanangkan lomba juga dibedah di acara ini.

Pembicara terakhir adalah Selamet Hariadi. Beliau menyampaikan bagaimana tips mengoptimalkan konten di media sosial. Dengan mengajak diskusi dengan peserta yang hadir, banyak yang mengungkapkan gagasannya tentang konten.  

"Bagaimanapun konten di media sosial haruslah konsisten dan enak untuk dibaca, tambah Selamet Hariadi

Acara ini juga didukung oleh Smarfren Community Malang. Komunitas pengguna Smartfren yang terdiri dari berbagai macam latar belakang.

Mulai dari media, blogger, penggiat pendidikan hingga konten kreator. Hal itulah mengapa dukungan Smartfren Community Malang menjadi penting dalam hal kolaborasi dengan berbagai pihak, dalam hal ini Bolang sebagai komunitas Penulis Kompasiana serta JNE dan Atria selaku pihak industri.

Ada pula spirit speech dari Pak Iwan Nugroho. Salah satu penulis senior di Kompasiana.

Selepas itu acara ditutup dengan foto bersama, serta ada bingkisan dari Smartfren Community Malang untuk mereka yang menang kompetisi di Instagram.

Serta bingkisan pula untuk Blogger yang terpilih. Selepas acara ada Kompetisi Menulis dengan hadiah menarik, salah satunya dari Smartfren Community. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES