Rabu, 21 November 2018
Gaya Hidup

Yuk, Atasi Bad Mood dengan Empat Cara Ini

Yuk, Atasi Bad Mood dengan Empat Cara Ini ILUSTRASI - Bad Mood. (FOTO: Blibli.com)
Rabu, 31 Oktober 2018 - 02:04

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suasana hati atau mood seseorang bisa berubah-ubah. Kadang baik kadang buruk. Mood yang tidak enak biasa disebut bad mood. Kondisi ini bisa membuat seseorang malas beraktivitas, malas kerja, dan malah jadi bisa merugikan diri sendiri, lho. Bad mood ini bisa diperbaiki dengan sesuatu yang menyenangkan alias mood booster.

Nah, jika Anda sedang merasa bad mood atau tidak semangat, mood booster ini bisa menjadi suatu hal yang membuat Anda kembali ceria dan bersemangat lagi.

Apa saja yang bisa menjadi mood booster? Yuk, simak ulasan yang dilansir dari Hello Sehat berikut.

1. Tidur Siang

Penelitian dari Journal of Sleep Research menemukan bahwa orang yang kurang tidur jadi lebih sering bad mood dibanding orang yang jam tidurnya cukup.

Selain itu, The National Sleep Foundation (NSF) mengatakan bahwa tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati, kewaspadaan, dan semangat kerja pada orang dewasa.

NSF menyarankan, bila Anda ingin meningkatkan mood, tidurlah selama 20 hingga 30 menit di siang hari. Waktu tersebut cukup untuk mengusir kantuk dan memunculkan kembali  mood yang ceria.

2. Mendengarkan Musik

Sebuah penelitian dari British Journal of Psychiatry mengatakan bahwa suasana hati yang jelek bisa diatasi dengan mendengarkan musik. Pada penelitian ini, peneliti menemukan orang yang depresi dan melakukan pengobatan dengan terapi musik, berhasil sembuh lebih cepat daripada orang yang melakukan terapi biasa.

Jadi, mendengarkan musik saat suasana hati lagi jelek boleh dicoba untuk memperbaiki mood Anda.

3.  Temui orang tersayang

Menemui orang yang disayang bisa jadi mood booster tersendiri. Bertemu orang yang disayangi dan memeluknya bisa membuat kita lebih bahagia. 

Memeluk dan bertemu orang yang Anda sayang juga bisa bikin pernapasan jadi lebih relaks dan tekanan darah jadi turun. Tak lupa, hormon oksitosin (hormon bahagia) juga ikut muncul ketika  Anda menemui orang yang Anda sayang.

4. Makan makanan enak

Makan makanan enak sudah sering dijadikan mood booster bagi orang yang sedang bad mood. Untuk membantu meningkatkan suasana hati, Anda bisa makan cokelat, sayur, dan buah. Kandungan dalam cokelat mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini akan mengurangi kecemasan dan stres, serta membantu suasana hati agar jauh lebih baik.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran lebih jarang terkena depresi. Ini berlaku dibandingkan dengan orang yang hobi makan gorengan dan makan yang manis-manis.

Empat hal di atas bisa menjadi solusi mengatasi bad mood Anda. Segera cari cara agar mood menjadi lebih baik. Carilah mood booster yang menurut Anda paling efektif mengatasi suasana hati yang buruk. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Registration