Kamis, 22 November 2018
Peristiwa - Internasional Misteri Jamal Khashoggi

Kajian JCC, Konspirasi Global untuk Jamal Khashoggi

Kajian JCC, Konspirasi Global untuk Jamal Khashoggi Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (FOTO: AP/Jacquelyn Martin)
Senin, 29 Oktober 2018 - 12:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dunia saat ini diramaikan dengan dugaan pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang jurnalis Arab Saudi. Banyak negara kompak berteriak menuntut Kerajaan Arab Saudi untuk mengusut tuntas misteri dugaan pembunuhan Jamal Khashoggi. Jika dibunuh, dimana jasad atau jenazah Khashoggi? Apakah ini sebuah konspirasi global untuk ‘menghabisi’ kerajaan Arab Saudi?

Selama sepekan, John Caine Center (JCC), sebuah organisasi sosial yang ada di Jakarta, telah melakukan banyak kajian dan penelitian dari banyak fakta dan data yang ‘bertaburan’ di media mainstream, baik media nasional maupun internasional serta aneka media sosial.

Dari kajian tersebut, ada beberapa tafsiran dan temuan soal kasus dugaan pembunuhan seorang kolumnis di media internasional yang berbasis di ibu kota Amerika Serikat, The Washington Post itu.

Dari awal, sosok Jamal Khashoggi diduga hilang saat mendatangi Kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Khashoggi diketahui memasuki kantor tersebut pada 2 Oktober 2018 lalu untuk mengurus beberapa berkas surat kelengkapan untuk pernikahan dengan pacarnya di Turki.

Namun, hingga kini, menurut kajian data John Caine Center (JCC), tak satupun lembaga resmi negara atau pihak media yang berhasil membeberkan fakta dan alat bukti, bahwa ia dibunuh di Kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration