Kesehatan

Tiga Ikan dari Perairan Indonesia ini Juga Kaya Omega-3

Minggu, 28 Oktober 2018 - 12:21 | 136.56k
Ilustrasi - Daging Ikan (FOTO: hellosehat.com)
Ilustrasi - Daging Ikan (FOTO: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAOmega-3 disebut-sebut menjadi kandungan penting dalam ikan baik unuk kesehatan. Bicara soal omega-3, orang pasti akan langsung tertuju pada salmon. Padahal tak melulu salmon, ikan dari perairan Indonesia juga ada yang mengandung omega-3.

Ikan apa sajakah itu?

Ikan kembung

Ikan kembung adalah 'saingan' terberat ikan salmon dalam hal kandungan omega 3, sebab dalam 100 gr ikan kembung mengandung 2,4 gr Omega-3 yang kaya manfaat. Sedangkan pada ikan salmon kandungannya hanya sebesar 1,4 gr. Selain tinggi kandungan omega 3, ikan kembung juga merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang baik untuk menyehatkan saraf dan mencegah anemia, lho.

Ikan bandeng

Seperti ikan kembung, ikan bandeng juga mengandung vitamin B12 dan tentunya asam lemak omega-3. Selain itu, ikan bandeng juga mengandung omega 6 dan 9. Meskipun kerap mengganggu karena punya banyak duri, makan ikan bandeng secara rutin membantu mengendalikan kolesterol dalam darah yang bisa meningkatkan kesehatan jantung!

Ikan cakalang

Cakalang atau yang juga sering disebut tongkol putih dan digemari oleh masyarakat Sulawesi dan Maluku. Dalam ikan cakalang inilah terkandung omega-3 yang baik untuk jantung dan pembuluh darah kita.

Jika Anda ingin mendapatkan mafaat omega-3 dari ketiga jenis ikan tersebut, hindari proses pemasakan dengan cara digoreng. Mengukus dan memanggang adalah cara terbaik mempertahankan kandungan omega-3, ragam vitamin dan mineral dalam ikan di perairan Indonesia tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES