Rabu, 21 November 2018
Gaya Hidup

Anak Susah Makan, Ini Akar Permasalahannya

Anak Susah Makan, Ini Akar Permasalahannya Anak Susah Makan (FOTO: Bebelac)
Minggu, 28 Oktober 2018 - 11:17

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnak susah makan dan cenderung pilih-pilih makanan? Tak perlu khawatir, memang itu tahapan yang dilewati anak pada masa tumbuh kembang. 

Hal itu diungkapkan oleh psikolog Ayoe Sutomo. Ia memaparkan, ada tiga alasan mengapa anak bisa menjadi rewel soal makanan. Apa sajakah itu?

1. Pola makan ibu saat hamil kurang variasi

Pada saat dalam kandungan, anak tidak diperkenalkan dengan berbagai macam makanan yang dikonsumsi sang ibu. Dalam beberapa riset disebutkan jika anak ingin makan makanan yang itu-itu saja, itu merupakan pengaruh pola makan ibu saat kehamilan. Semakin banyak variasi makanan yang diasup ibu pada saat hamil, variasi itu akan terekam dalam memori rasa sang anak.


2. Adanya pengalaman tidak nyaman terhadap makanan

Terkait psikologis, ada kondisi kala anak merasa tidak nyaman saat menyantap makanan tersebut. Contohnya, saat ia dipaksa makan sehingga muncul trauma. Jika hal itu sudah terjadi, yang harus dilakukan adalah terus memperkenalkan variasi makanan. 

Ayoe memberikan tips cobalah kreatif dalam penyajian menu makanan yang ditolak makan anak. Contohnya, pada saat anak tidak mau makan wortel, buatlah menu makanan olahan wortel yang menarik sehingga tampilan wortel berbeda dan anak mau makan. Saat anak mendapatkan rasa sensasi enak, ia tidak akan rewel lagi untuk menyantap makanan tadi. 

3. Kurang libatkan anak dalam proses pembuatan atau persiapan makanan

Ajak anak untuk membersihkan atau memotong sayur. Dari situ, anak bisa merasakan proses kebersamaan bersama ibu sehingga muncul perasaan positif terhadap makanan dan membuat anak mau mencoba makanan. "Biarkan anak menikmati proses dan mencoba makanan. Begitu ia merasa enak, anak tidak akan ragu untuk mencoba lagi," ucapnya.

Jangan jadikan anak susah makan menjadi permasalahan bersar dalam hidup. Anda dapat mengatasinya dengan tips yang diberikan oleh Ayoe Sutomo.(*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration