Rabu, 21 November 2018
Gaya Hidup

Tiga Makanan Ini Bisa Mengatasi Susah BAB, Apa Saja?

Tiga Makanan Ini Bisa Mengatasi Susah BAB, Apa Saja? ILUSTRASI - Buah Apel dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. (FOTO: Magazine Job-like)
Minggu, 28 Oktober 2018 - 04:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak sedikit orang yang mengalami konstipasi, atau susah BAB (buang air besar) karena berbagai macam penyebab. Biasanya konstipasi terjadi saat feses menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini menyebabkan frekuensi BAB menjadi lebih jarang dari biasanya.

Konstipasi bisa dicegah dengan sejumlah cara, salah satunya memilih makanan yang tepat. Sebagai rekomendasi, catat asupan yang bisa melancarkan BAB Anda sebagai berikut, dilansir dari Klik Dokter.

1. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik, dengan satu apel kecil (5,3 ons atau 149 gram) mengandung 4 gram. Apel juga mengandung jenis serat larut spesifik disebut pektin yang dikenal dengan efek laksatif. Hal itu dapat mengurangi gejala sembelit dan bahkan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam usus.

2. Kacang-kacangan

Kacang juga mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang baik, dimana keduanya membantu meringankan sembelit dengan cara yang berbeda. Serat larut menyerap air dan membentuk konsistensi seperti gel, melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah dilewati.

Sebuah studi 2016 menunjukkan bahwa memasukkan campuran serat larut dan tidak larut dalam makanan dapat secara efektif meminimalkan konstipasi. Jika Anda mencari cara mudah untuk meningkatkan asupan serat Anda, kacang adalah cara yang baik untuk melakukannya.

3. Ubi Jalar

Selain menyediakan sejumlah vitamin dan mineral, ubi jalar juga mengandung sejumlah serat yang baik yang dapat membantu meningkatkan keteraturan.

Serat yang ditemukan dalam ubi jalar sebagian besar tidak larut dan termasuk beberapa jenis tertentu, seperti selulosa, lignin dan pektin. Berkat kandungan seratnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat membantu gerakan usus.

Konstipasi bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Dengan mengenali sejumlah gejalanya, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Salah satu yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang bisa mengatasi susah BAB Anda sehari-hari. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Registration