Rabu, 21 November 2018
Kesehatan

Tujuh Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yang Mudah Dilakukan

Tujuh Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yang Mudah Dilakukan ILUSTRASI - Air Putih salah satu Tips Menjaga Kesehatan Ginjal. (FOTO: HAJINGFAI)
Minggu, 28 Oktober 2018 - 06:09

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal dengan tepat. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang benar?

Dilansie dari Dokter Sehat, berikut adalah cara menjaga kesehatan ginjal yang harus Anda tahu.

1. Mengatur Pola Makan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang satu ini merupakan cara ampuh yang bisa Anda coba. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

Perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Pada akhirnya, hal ini dapat memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsi bagian ginjal.

2. Aktif Bergerak

Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik secara rutin. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

3. Menjaga Berat Badan

Selain memengaruhi keadaan emosional, berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk ginjal.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menjaga berat badan ideal. Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan menggunakan alat berikut.

4. Menghindari Konsumsi Alkohol dan Rokok

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah dengan menghindari aktivitas merokok dan konsumsi alkohol, karena keduanya bisa menyebabkan rusaknya paru-paru dan ginjal. Oleh karena itu, cara merawat ginjal yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi alkohol dan tidak merokok .

5. Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal ternyata dapat dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa 35 persen penyakit ginjal disebabkan tekanan darah tinggi.

6. Minum Cukup Air Putih

Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda. Memenuhi air putih merupakan salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi, maka aliran ke ginjal juga akan baik. 

7. Menghindari Beberapa Obat dan Suplemen

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya yang harus diperhatikan adalah mengurangi beberapa obat tertentu. Usahakanlah tidak mengonsumsi beberapa obat antibiotik dan antinyeri. Kedua obat ini berisiko dapat merusak ginjal.

Perlu menjadi perhatian, seiring bertambahnya usia hampir seluruh organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi, begitu pula pada ginjal. Oleh karenanya, tak ada salahnya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal seperti yang sudah dijelaskan di atas dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

Komentar

Registration