Rabu, 21 November 2018
Gaya Hidup

Susah Menahan Lapar saat Diet? Atasi dengan Cara Ini

Susah Menahan Lapar saat Diet? Atasi dengan Cara Ini ILUSTRASI. (FOTO: Womantalk.com)
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 03:02

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian besar orang yang mengalami problem berat badan sulit menahan lapar saat diet dan mengatur nafsu makan. Apabila Anda punya problem sulit menahan lapar, Anda harus mencoba berbagai tips agar berat badan tetap bisa terkontrol dan bahkan bisa turun.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah cara agar tidak mudah lapar dan mengontrol rasa lapar agar berat badan tidak terus naik.

1. Minum air yang cukup

Cara agar tidak cepat lapar adalah dengan meminum air yang cukup setidaknya 1-2 liter per hari. Minum air ini bisa dilakukan sebelum makan pagi, siang, atau malam dan diusahakan sekitar 10-20 menit sebelum makan. Dengan cara ini, kita bisa menahan diri untuk mengambil porsi makan berlebih karena sudah kenyang terlebih dahulu oleh air yang kita minum sebelumnya.

2. Minum yoghurt

Selain karena memang rasanya yang unik, yoghurt terbukti dapat menciptakan rasa kenyang yang cukup lama, karena yoghurt memiliki kadar protein yang membuat berat badan kita lebih mudah untuk di kontrol. Jadi, yoghurt cocok sebagai cara mengatasi cepat lapar.

3. Awali makan dengan sup

Cara ini bisa dilakukan sebelum memulai makan hidangan utama, Anda bisa mengawali menu makanan dengan mengonsumsi sup dan kuah secukupnya. Tips agar tidak cepat lapar ini bisa menurunkan jumlah porsi makan menu hidangan utama, sup dengan segala kandungan nutrisi dari sayur sangat baik untuk tubuh kita.

4. Minum teh

Ternyata minuman ini bisa menjadi cara menahan lapar saat diet. Anda bisa meminum teh sebelum aktitivas makan. Dengan cara ini, tubuh kita bisa lebih mudah mengontrol rasa lapar dan keinginan nafsu makan.

5. Tambahkan bawang putih

Berdasarkan penelitian, bawang dapat membantu mengirimkan sinyal kenyang ke otak sehingga porsi makan bisa lebih diatur. Kandungan yang terdapat pada bawang putih juga bisa membantu pembakaran kalori di dalam tubuh.

6. Makanan pedas

Tahukah kamu kalau makan pedas itu dapat membakar kalori berlebih? Makanan pedas umumnya mengandung kapsaisin, vitamin A, dan C dan juga betakaroten. Sebagai tips, bila kepedasan, minum air itu tidak mengurangi rasa pedas, cobalah minum susu.

7. Jangan menunda waktu makan

Banyak yang berpikir bila menunda jam makan akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Padahal, dengan kita menunda jam makan, bisa jadi porsi makan ketika kelaparan nanti lebih lebih banyak makan.

Nah, itu dia cara menahan lapar bagi Anda yang menjalani diet. Selain hal di atas, jangan lupa untuk rutin berolahraga agar berat badan Anda lebih cepat turun. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

Komentar

Registration