Kesehatan

Yuk, Atasi Gigi Ngilu dengan Cara Sederhana Ini!

Jumat, 26 Oktober 2018 - 04:43 | 64.47k
ILUSTRASI - Gigi Ngilu. (FOTO: OkayDoc.com)
ILUSTRASI - Gigi Ngilu. (FOTO: OkayDoc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gangguan kesehatan gigi seperti gigi ngilu bisa membuat kita merasa kesal karena tidak bisa nyaman saat mengonsumsi makanan panas atau dingin. Lalu, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gigi ngilu?

Berikut cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda lakukan di rumah, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Pakar kesehatan berkata bahwa ada baiknya penderita masalah gigi sensitif menggunakan pasta gigi khusus. Biasanya, pasta gigi yang dibuat khusus bagi penderita masalah gigi ngilu ini menggunakan teknologi Novamin yang bisa membantu pembentukan lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan lapisan alami dentin.

2. Menghindari Konsumsi Kafein

Penderita masalah gigi ngilu sebaiknya menghindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Tak hanya itu, beberapa minuman lainnya seperti minuman beralkohol atau minuman yang mengandung asam juga sebaiknya dihindari karena bisa membuat lapisan gigi lebih terbuka sehingga gigi pun bisa menjadi lebih sensitif dan mudah ngilu.

3. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meluruhkan kotoran yang menempel di gigi berlubang atau di antara gigi. Ini juga dapat mengurangi gigi ngilu, pembengkakan, dan meredakan sakit tenggorokan.

4. Bawang Putih

Bawang putih telah banyak digunakan untuk pengobatan sejak dahulu. Karena bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, sebagai sifat antibakteri yang kuat.

Caranya: Satu siung bawang putih segar harus dihancurkan dan kemudian dicampur dengan sedikit garam, dan campuran itu diterapkan pada gigi ngilu.

5. Teh Peppermint

Seperti cengkih, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat menenangkan gigi ngilu. Menthol, yang memberikan rasa mint dan bau mint, juga dikenal sebagai antibakteri.

Caranya: Satu sendok teh daun peppermint kering dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan biarkan selama 20 menit. Setelah dingin, berkumurlah lalu diludahkan atau bahkan bisa ditelan.

6. Lidah Buaya

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Gel lidah buaya harus diterapkan ke area mulut yang sakit dan dipijat lembut.

7. Kurangi Makanan Asam

Mengonsumsi makanan asam menjadi penyebab gigi ngilu. Jadi, sebaiknya Anda mengurangi makan makanan asam. Seiring mengurangi makanan asam, berkurang pula gigi ngilu. Jika Anda tetap ingin makan makanan asam, disarankan jangan terlalu lama saat mengunyah makanan asam.

Tujuh cara mudah di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi gigi ngilu. Setelah gigi ngilu sembuh, selalu jaga kesehatan gigi agar terhindar dari masalah gigi lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES