Kesehatan

Gaya Hidup Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda

Rabu, 24 Oktober 2018 - 05:22 | 45.74k
ILUSTRASI: Sakit Jantung. (FOTO: doylestownhealt)
ILUSTRASI: Sakit Jantung. (FOTO: doylestownhealt)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPenyakit jantung tak hanya menyerang orang yang berusia tua. Ancaman serangan penyakit jantung terhadap kalangan usia muda semakin banyak. Bahkan, usia di bawah 30 tahun juga bisa terkena gangguan kesehatan ini.

Seorang kardiolog Sunway Medical Centre (Sunmed) Malaysia, dr Mohd Kamal mengatakan ia pernah menangani pasien berusia 27 tahun yang memiliki serangan jantung.

Dilansir dari Antara, Mohd Kamal mengatakan risiko ancaman penyakit jantung untuk penduduk Malaysia berada pada usia 58 tahun. Sementara untuk Amerika Serikat, lanjut dia, ancaman serangan jantung terjadi pada usia 66 tahun.

Banyak faktor yang memicu terjadinya serangan jantung, antara lain gaya hidup serta faktor asupan makanan. Kamal menilai kebiasaan merokok juga menjadi salah satu pemicu utama terjadinya serangan jantung.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat. Salah satu yang penting dalam mengantisipasi penyakit jantung, yakni cek kesehatan sejak dini.

Ia juga menyarankan agar pengecekan kondisi kesehatan minimal mulai usia 30 tahun untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES