Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Beri Bantuan Jalin Matra, Bupati Bondowoso: Tingkatkan Usaha bagi Perempuan

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:14 | 119.17k
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menyerahkan bantuan alat-alat usaha, untuk penerima Jalin Matra (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menyerahkan bantuan alat-alat usaha, untuk penerima Jalin Matra (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOBupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, menyerahkan langsung Bantuan Jalin Matra. Dia berpesan, agar bantuan itu diperuntukkan untuk meningkatkan usaha, oleh penerima manfaat. khususnya kaum perempuan.

Bantuan tersebut diberikan, kepada 30 KRTP (Kepala Rumah Tangga Perempuan), berupa alat-alat usaha, di Desa Mandiro, Kecamatan Tegalampel Bondowoso Jawa Timur,  Selasa (23/10/2018).

Bantuan-Jalin-Matra-bondowoso-2.jpg

“Program Jalin Matra ini, merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebagai upaya dalam pengentasan kemiskinan,” kata Salwa, saat sambutan.

Bupati juga mengingatkan, agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk usaha, bukan untuk konsumtif.

Menurutnya, penerima Jalin Matra ini, harus terus diberdayakan melalui DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), untuk mengentaskan kemiskinan, di Kabupaten Bondowoso.

Sementara itu, Kepala DPMD, Abdurrahman mengatakan, bahwa bantuan tersebut, dikhusus untuk bidang Feminisasi Kemiskinan, yakni ibu-ibu yang merupakan kepala rumah tangga.

Menurutnya, bantuan tersebut disesuaikan dengan permintaan para penerima, karena tim di tingkat kabupaten ke bawah, tak memiliki kewenangan menentukan jenis bantuan. “Bantuan yang diberikan, merupakan bantuan peralatan usaha, maupun hewan ternak,” sambungnya.

Para penerima, kata dia,  tidak menerima uang, tapi berupa barang untuk mengembangkan usahanya. "Nilainya masing-masing Rp 2,5 juta juta, yang 10 persennya bisa dipergunakan untuk bantuan sembako,” tutupnya.

Senada dengan Bupati Bondowoso, dia mengingatkan agar bantuan digunakan betul untuk meningkatkan usaha, bukan untuk hal yang konsumtif. Secara bergiliran 30 KRTP, penerima bantuan Jalin Matra, menerima alat-alat usaha dari Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES