Pendidikan

Bupati Lamongan: SMK Lamongan Perlu Dievaluasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 17:29 | 69.46k
Bupati Lamongan Fadeli didampingi Wabup Kartika Hidayati, meninjau stan JMF yang digelar Disnaker di halaman BLK, Selasa (23/10/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli didampingi Wabup Kartika Hidayati, meninjau stan JMF yang digelar Disnaker di halaman BLK, Selasa (23/10/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANBupati Lamongan, Fadeli,menyuarakan agar ada evaluasi pendidikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.  

“Kita perlu melakukan evaluasi terhadap jurusan-jurusan yang ada di SMK," ucap Fadeli, saat meninjau Job Market Fair (JMF) yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lamongan di halaman Balai Latihan Kerja (BLK), Selasa, (23/10/2018).

bupati-lamongan-2.jpg

Kenapa SMK perlu dievaluasi? Sebab, SMK di Lamongan menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran terbuka di Kabupaten Lamongan, kemudian disusul SMA.

"9,63 persen pengangguran itu dari SMK penyumbang terbesar, yang kedua itu SMA sekitar 8 persen dari angka pengangguran terbuka di Lamongan," kata Fadeli.

bupati-lamongan-3.jpg

Menurut Fadeli, tidak semua lulusan SMK bisa langsung terserap dunia kerja. "Mana jurusan yang lulusannya tidak terserap lapangan pekerjaan, harus diganti dengan jurusan yang banyak dibutuhkan perusahaan," ujarnya.

Lebih lanjut, Fadeli kemudian mencontohkan, banyaknya industri maritim di Pantura Kabupaten Lamongan bisa menjadi pertimbangan untuk membuka jurusan SMK.

bupati-lamongan-4.jpg

"SMK di Lamongan bisa membuka jurusan perikanan, kemaritiman ataupun perkapalan," tutur Bupati Fadeli, seraya berpesan agar para pencari kerja tidak pilih-pilih pekerjaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES