Pendidikan

Tanamkan Literasi Digital di Madrasah, Kemenag RI Gandeng Facebook

Selasa, 23 Oktober 2018 - 18:05 | 51.34k
Penanaman literasi digital oleh Facebook bekerjasama dengan Kemenag RI (Foto: kemenag)
Penanaman literasi digital oleh Facebook bekerjasama dengan Kemenag RI (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) akan membekali guru dan siswa madrasah dengan literasi digital. Dengan nama program Think Before You Share, pembekalan literasi digital dilakukan oleh Facebook dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

"Literasi digital sesuatu yang tidak bisa kita tolak. Suka tidak suka, semua sudah ada di hadapan kita. Tergantung kita, bagaimana menggunakannya dengan positif," tegas Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Imam Safei.

Menurutnya, di era digital saat ini, informasi sangat banyak. Untuk itu, guru dan siswa madrasah perlu cerdas dalam menyikapi informasi yang masuk. Menurutnya, program Think Before You Share sangat bermanfaat bagi guru dan siswa.

Imam menambahkan jika dalam program ini Kemenag melibatkan 1.300 guru dan 5.000 siswa madrasah yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatra Utara dan Sulawesi Selatan. "Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat untuk anak didik kita," tukasnya.

Sementara Kepala Kebijakan Publik Facebook, Ruben Hattari mengatakan Think Before You Share adalah wujud komitmen Facebook di Indonesia untuk mengedepankan literasi digital. "Tujuan dari kegiatan ini bagaimana meningkatkan kapabilitas pengguna media sosial, saat mereka mendapat konten dapat berpikir kiritis dan menggunakan empatinya," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES