Gaya Hidup

Enam Cara Mudah Mencegah Masalah Rambut Bercabang

Selasa, 23 Oktober 2018 - 04:20 | 40.33k
ILUSTRASI: Rambut bercabang. (FOTO: seruni.ID)
ILUSTRASI: Rambut bercabang. (FOTO: seruni.ID)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masalah rambut bercabang sering membuat para wanita kesal. Rambut bercabang bisa merusak kesehatan rambut dan mengganggu tampilan rambut. Agar masalah rambut ini tak semakin parah, lakukan perawatan rambut dengan tepat. Bagaimana caranya?

Berikut enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rambut bercabang, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Rutin Memotong Ujung Rambut

Rambut Anda mengalami kerusakan setiap kali Anda mencuci dan menyisirnya. Hal ini dapat menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang. Jadi, biasaka untuk memotong ujung rambut setiap 2-3 bulang sekali.

2. Beri Minyak Sebelum Mencuci Rambut

Memberi minyak pada rambut sebelum mencucinya dapat menutrisi dan melembapkan rambut dari dalam. Selain itu, cara ini akan membentuk pelindung di sekitar rambut untuk mengurangi kerusakan akibat mencuci rambut.

3. Kurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Pengering rambut, pelurus rambut, pengeriting rambut, semua alat tersebut dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Jika Anda terpaksa menggunakan alat tersebut, biasakan untuk selalu menggunakan pelindung panas pada rambut Anda terlebih dahulu.

4. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari 

Kebiasaan tersebut akan menghilangkan kelembapan alami rambut. Bahkan ketika Anda menggunakan shampo yang mengklaim mampu melembapkan rambut. Rambut yang kehilangan kelembapannya akan mengalami dehidrasi dan menjadi lemah.

5. Keringkan Rambut dengan Lembut

Setiap selesai keramas, jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya dengan handuk. Cara terbaik adalah dengan membungkus rambut dengan handuk microfiber sampai semua kelebihan air terserap. Selanjutnya, biarkan rambut kering dengan sendirinya.

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang seimbang kaya protein, vitamin, dan mineral akan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Itulah enam hal yang dapat membantu Anda mencegah rambut bercabang. Selain hal di atas, lakukan perawatan rambut secara teratur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES