Kesehatan

Waspada! Empat Penyebab Kanker Paru Selain Merokok

Selasa, 23 Oktober 2018 - 03:31 | 98.85k
ILUSTRASI: Kanker Paru. (FOTO: bolastylo.bolasport)
ILUSTRASI: Kanker Paru. (FOTO: bolastylo.bolasport)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKanker paru merupakan penyakit yang paling sering disebabkan oleh kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok memang begitu dikaitkan dengan kanker paru. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak penyebab kanker paru lainnya yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini penyebab kanker paru selain merokok yang harus diwaspadai.

1. Paparan Polusi Udara

Berada di tempat dengan tingkat polusi udara tinggi, seperti kota besar atau jalan raya yang sangat macet, dapat meningkatkan risiko kanker paru. International Agency for Research on Cancer memperkirakan bahwa per tahun 2010, sebanyak 223.000 orang di seluruh dunia meninggal akibat kanker paru yang disebabkan oleh polusi udara.

Polusi udara mengandung berbagai partikel sangat kecil, yang mencakup zat asam, bahan kimia, logam, tanah, dan debu. Partikel-partikel tersebut dapat dengan mudah masuk ke saluran napas dan menyusup ke dalam paru-paru atau bahkan darah, sehingga berpotensi mengakibatkan kanker.

2. Faktor Keluarga

Memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita kanker paru bisa meningkatkan risiko Anda mengalami hal yang sama, bahkan hingga dua kali lipat.

Meski belum pasti, Oncology Letters pada tahun 2017 mengatakan bahwa hal tersebut diduga berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik yang saling berkaitan antar individu.

3. Mengidap HIV

Menurut National Cancer Institute, orang yang terinfeksi virus Human Immunodeficiency (HIV) memiliki risiko terkena kanker paru hingga dua kali lebih tinggi. Namun, tidak jelas apakah hal ini karena tingkat merokok yang lebih tinggi pada mereka yang mengidap HIV atau memang akibat infeksi itu sendiri.

Beberapa peneliti berteori bahwa imunosupresi—melemahnya sistem kekebalan akibat infeksi—dan peradangan memainkan peran atas faktor terjadinya penyakit kanker paru. Namun demikian, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menentukan hasil yang lebih valid.

4. Paparan Zat Kimia

Salah satu zat kimia yang disebut-sebut dapat menyebabkan penyakit kanker paru adalah radon. Zat tersebut diyakini menjadi penyebab 20.000 kasus kanker paru setiap tahun, dan itu menjadikannya penyebab utama kanker paru pada non-perokok di Amerika Serikat.

Berdasarkan penjelasan National Cancer Institute, radon melepaskan partikel radioaktif yang dapat merusak sel dalam paru-paru manusia. Pada gilirannya, menghirup partikel ini untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan mutasi sel yang terkait dengan kanker paru-paru.

Anda dianjurkan untuk lebih waspada terhadap hal yang menjadi penyebab kanker paru seperti di atas. Tak hanya menghentikan kebiasaan merokok, segera terapkan gaya hidup sehat lainnya agar kanker paru dan penyakit berbahaya lain tidak terjadi pada diri Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES