Tekno

China akan Luncurkan Bulan Buatan, Fungsinya Luar Biasa!

Selasa, 23 Oktober 2018 - 02:40 | 100.06k
ILUSTRASI: Bulan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: Bulan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah kota di barat daya China, Chengdu, berencana meluncurkan satelit penerangan pada tahun 2020. Satelit tersebut dikenal sebagai artificial Moon atau bulan buatan yang digunakan untuk menerangi kota menggantikan penerangan konvensional dengan lampu-lampu jalan.

Bulan buatan ini dikembangkan di Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co. Ltd.

Dilansir dari Antara, Chairman Chengdu Aerospace, Wu Chunfeng, mengatakan bahwa Bulan buatan itu delapan kali lebih terang dari Bulan aslinya, dan akan cukup terang untuk menggantikan lampu jalan.

Satelit itu akan mampu menerangi area seluas 10 hingga 80 kilometer. Sementara jangkauan pencahayaannya yang tepat bisa dikontrol dalam beberapa puluh meter.

Menurut Wu, pengujian satelit penerangan China itu sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, dan sekarang teknologi itu akhirnya matang.

Jika terobosan ini berhasil diluncurkan, bulan buatan ini diharapkan bisa mengurangi pemakaian listrik untuk penerangan kota. Selain itu, bulan buatan ini juga diharapkan bisa menarik banyak turis asing untuk berkunjung ke kota Chengdu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES