Pendidikan

Jelang UN, Pelajar Hindu di Banyuwangi Berdoa ke Alas Purwo

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:29 | 80.08k
Sejumlah siswa usai melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo (Foto : Rizki Alfian/TIMESIndonesia)
Sejumlah siswa usai melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo (Foto : Rizki Alfian/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jelang Ujian Nasional (UN), sejumlah pelajar Hindu di Kabupaten Banyuwangi melaksanakan kegiatan tirta yarta atau bhakti sembahyang bersama di Pura Luhur Giri Salaka Alas wilayah Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dengan didampingi tenaga pendidik agama Hindu, 15 pelajar yang berasal dari SMA Negeri 1 Rogojampi tersebut dengan tertib mengikuti rangkaian persembahyangan. Mereka memohon berkah sinar suci di masa-masa brahmacari.

“Yang mengikuti persembahyangan ini pelajar kelas 12. Mereka berdoa agar dalam menghadapi ujian nasional yang akan datang berjalan lancar,” ujar Eko Prasetyo, Tenaga Pendidik agama Hindu di SMA Negeri 1 Rogojampi kepada TIMESIndonesia, Senin (22/10/2018).

Menurut Eko, kegiatan persembahyangan ini dipimpin langsung oleh Romo Mangku yang melaksanakan tugas piket di pura tersebut. 

“Serangkaian acara ini merupakan wujud rasa syukur atau mangayubagio karena pelajar sudah diberikan kelancaran dalam kegiatan belajar disekolah. Ini adalah wujud nyata penguatan srada bhakti dalam membentuk karakter yang memiliki integritas dikalangan siswa Hindu," katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Rogojampi, Drs Yaseni, M.Pd menyambut positif kegiatan ini. Dia mendukung kegiatan siswa yang beragama Hindu selama kegiatan tersebut positif dan bermanfaat.

“Apapun yang dilakukan oleh pelajar beragama Hindu di Banyuwangi, asalkan demi kemajuan sekolah selalu kami dukung. Kami berikan segala kebutuhan akomodasi transport dan lain-lain. apalagi berdoa untuk kelancaran UN,” tandas Yaseni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES