Peristiwa Nasional

Jadi Tuan Rumah di OOC 2018, Presiden Jokowi: Manfaatkan Kepercayaan Dunia

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:04 | 28.16k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan jika penyelenggaraan Our Ocean Conference atau OCC 2018 di Bali akhir bulan ini merupakan kepercayaan internasional yang kembali harus dijaga.

Disampaikan dalam Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10/2018), presiden menyebut acara yang digelar pada 29-30 Oktober ini merupakan kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan acara berkelas dunia.

"Kita ingin membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah trust dari dunia internasional yang terus harus kita jaga, yang ini juga sekaligus membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar," tegasnya.

Untuk itu presiden menginginkan agar penyelenggaraan Our Ocean Conference 2018 ini betul-betul dimanfaatkan yang sebesar-besarnya untuk kepentingan nasional kita.

Usai ratas, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan jika sebanyak 1900 delegasi, di antaranya 7 kepala negara (6 presiden dan 1 wakil presiden) akan hadir dalam acara nanti.

"Ada 36 menteri yang sudah confirm kemungkinan nambah lagi karena Marshall Island baru konfirmasi presidennya hadir, berarti mungkin menterinya hadir. Ada 200 civil society, seperti WWF dan banyak organisasi masyarakat lainnya," ucap Susi.

Menurut Menteri Susi, konferensi ini akan memprioritaskan pembahasan isu marine conservation area yang memang sudah menjadi komitmen banyak negara. Juga part plastic degrease, marine polution, maritime security, climate change serta sustainable fisheries atau perikanan berkelanjutan.

Mengenai keuntungan Indonesia dari penyelenggaraan OCC 2018 ini, Susi Pudjiastuti mengatakan, "Kan kita mau jadi fulcrum maritime, poros maritim ya harus kita menunjukkan leadership kita. Yang kedua ya di bidang maritim kita ini salah satu pemilik laut terbesar tentunya apa saja kebijakan internasional akan berpengaruh kepada kita." (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES