Gaya Hidup

Yuk Jadi Penikmat Kopi yang Ramah Lingkungan, ini Caranya

Senin, 22 Oktober 2018 - 13:24 | 77.01k
Ilustrasi - Menikmati Kopi (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Menikmati Kopi (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Segala hal yang ramah lingkungan nampaknya makin hits dari hari ke hari. Banyak orang yang makin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Tau ga? Dengan ngopi Anda juga bisa menjaga lingkungan. 

Bagaimana caranya? Paling mudah sebenarnya meminimalisir penggunaan sampah plastik. Seperti diketahui, sampah palstik menjadi penyumbang terbesar kerusakan bumi. Itu karena plastik membutuhkan waktu yang amat lama agar bisa terurai.

Nah berikut tipsnya ngopi keren yang ramah lingkungan.

1. Pakai sedotan yang bisa dipakai lagi

Sedotan yang terbuat dari bambu atau stainless steel mulai banyak diproduksi dan menjadi tren. Anda dapat menggunakannya untuk minum kopi juga minuman lainnya. Tentunya pemakaian sedotan ramah lingkungan seperti ini dapat mengurangi sampah plastik.

2. Pakai wadah sendiri

Beberapa kedai kopi menggunakan gelas plastik sebagai wadahnya. Hal itu pasti meningkatkan produksi sampah plastik lewat gelas yang dipakai. Maka tak ada salahnya Anda membawa wadah sendiri, seperti tumbler. Selain turut menjaga lingkungan, Anda juga bisa terlihat keren dengan beragam tumbler bermotif lucu yang banyak dijual di pasaran.

3. Pilih metode brewing yang tak boros

Bagi Anda yang gemar membuat kopi, tentu mengetahui metode manual brewing menggunakan paper filter yang hanya sekali pakai. Jika Anda gemar membuat kopi dengan metode pour over seperti itu, tak ada salahnya menggunakan dripper dari bahan metal demi menjaga lingkungan. Atau sesekali, Anda bisa mencoba metode lainnya seperti aeropress dan frenchpress yang tak kalah nikmat.

4. Beli biji kopi lokal

Dengan membeli biji kopi lokal dapat meminimalisasi jejak karbon. Diketahui jejak karbon adalah emisi zat buang dari aktivitas manusia yang memicu pemanasan global. Misalnya dari penggunaan alat transportasi yang mengangkut kopi-kopi tersebu jika membeli kopi impor. 

Dengan membeli biji kopi lokal pula, Anda turut membantu petani lokal yang berjuang menanam kopi dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bersaing di pasar kopi. Lagipula, Indonesia juga kaya akan biji kopi khas yang cita rasanya tak kalah dengan kopi impor.

Gimana Anda siap menjadi penikmat kopi yang ramah lingkungan? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Womentalk

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES