Gaya Hidup

Makanan Pedas Bikin Panjang Umur?

Senin, 22 Oktober 2018 - 12:12 | 114.60k
Makanan pedas. (FOTO: newhealthadvisor.com)
Makanan pedas. (FOTO: newhealthadvisor.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki umur yang panjang dan tetap sehat menjadi impian banyak orang. Banyak riset ilmiah menyimpulkan, pola makan sehat yang tepat dan baik adalah indikator terpenting yang bisa membuat kemungkinan waktu hidup lebih panjang.

Makanan sehat juga dapat meminimalisasi munculnya penyakit kronis. Dikutip dari Kompas.com, ada lima jenis makanan yang jika disantap setiap hari akan membuat sehat dan memungkinkan hidup lebih lama.

1. Ikan 

Ikan tak hanya sebagai makanan yang mampu menyehatkan otak. Penelitian menunjukkan, kandungan karotenoid dalam ikan bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit syaraf. 

Tak hanya itu, laman BMJ menuliskan hasil penelitian yang menunjukkan, omega tiga yang terkandung dalam ikan seperti salmon, tuna, dan sarden, bisa membantu menjaga umur panjang. 

Hasil analisa data lebih dari 2.600 orang dewasa Amerika Serikat, berusia rata-rata 74 tahun, para peneliti dari Tufts University menemukan kesimpulan. Orang-orang dengan kandungan omega tiga tinggi dalam darahnya memiliki risiko lebih rendah mengalami penuaan tidak sehat sebanyak 18 persen. 

Mereka, setidaknya mengonsumsi dua ikan per minggunya. Artinya, risiko mengalami penyakit kronis akan lebih rendah, termasuk risiko penurunan kognitif, keterbatasan fisik, atau masalah kehidupan sehari-hari.

2. Kacang 

Dua studi besar dari Harvard School of Public Health menemukan, orang-orang yang banyak mengonsumsi kacang memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah.  Faktanya, mereka yang makan kacang setiap hari juga bisa menekan risiko kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernafasan hingga 20 persen. 

Alasannya, kacang mengandung banyak nutrisi yang bisa melindungi jantung dan memerangi peradangan. Di dalam kacang terkandung lemak tak jenuh, serat, folat, vitamin E, potasium, magnesium, kalsium, serta antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid. Tak perlu khawatir dengan ekstra kalori karena mengonsumsi kacang, karena kacang justru bisa membantu menjaga berat badan, karena sangat mengenyangkan. 

3. Biji-bijian utuh 

Studi di JAMA Internal Medicine mengungkapkan setiap tambahan satu ons sajian biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko kematian sekitar lima persen, dan risiko kematian karena penyakit jantung hingga sembilan persen. Para peneliti percaya hal ini dikarenakan nutrisi yang tinggi dalam biji padi, seperti serat, vitamin B dan E, magnesium, dan fitokimia. Namun, ketika membeli roti gandum, pastikan kandungan biji-bijian utuhnya mencapai 100 persen. 

4. Makanan pedas 

Sebuah penelitian menunjukkan, menyantap makanan pedas bisa membantu memperpanjang umur. Studi tersebut melibatkan 450.000 laki-laki dan perempuan China sebagai partisipan. Mereka yang mengonsumsi makanan pedas selama 6-7 hari dalam seminggu memiliki risiko kematian lebih rendah 14 persen, daripada mereka yang hanya sesekali mengonsumsi makanan pedas. 

Hal itu karena kapsaisin, komponen yang menimbulkan rasa pedas pada cabai, berperan sebagai antioksidan, melawan peradangan, memperbaiki gula darah, serta berperan dalam memerangi obesitas dan kanker. 

Agar manfaaatnya lebih maksimal, berhentilah mengonsumsi minuman keras. Sebab, para peneliti menemukan relasi makanan pedas dan usia panjang lebih kuat pada mereka yang tidak punya kebiasaan minum alkohol. 

5. Rumput laut 

Penelitian menunjukkan, fucoidan, komponen alami dalam rumput laut cokelat, bisa membantu memerangi efek kanker. Itulah salah satu alasan mengapa usia hidup orang Jepang adalah yang tertinggi di dunia. Para peneliti meyakini, alasan di baliknya adalah pola makan mereka yang banyak melibatkan sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan.  

Panjang umur memang rahasia Tuhan, namun tak ada salahnya ya menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, berolah raga dan mengkonsumsi makanan sehat tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES