Peristiwa Daerah

Puluhan Ribu Santri Meriahkan Pawai Obor Hari Santri di Purbalingga

Senin, 22 Oktober 2018 - 08:51 | 88.87k
Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat membuka acara Pawai Obor dalam rangka HSN tahun 2018 di Alun-Alun Kota Purbalingga (FOTO: Edi Siswanto/TIMES Indonesia)
Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat membuka acara Pawai Obor dalam rangka HSN tahun 2018 di Alun-Alun Kota Purbalingga (FOTO: Edi Siswanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Puluhan ribu santri di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tampak mengular di sepanjang jalan protokol. Mereka meramaikan Pawai Obor dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional ke 4 tahun 2018 di Kabupaten Purbalingga.

Pawai Obor dibuka oleh Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, di Alun-Alun Kota Purbalingga, Minggu (2110/2018) malam.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama suami dengan membawa obor turut serta dalam Pawai Obor. Keduanya berjalan kaki dan berbaur dengan peserta.

Pantauan TIMES Indonesia, selama Pawai Obor berlangsung lancar dan menarik para penonton di sepanjang jalan protokol.

Para santri yang bersarung dan santriwati berbusana muslimah, tidak hanya membawa obor yang menyala. Namun, sebagian peserta juga membawa alat musik, seperti rebana atau hadrah dan bedug. Selain itu kendaraan yang diberi hiasan dan lampu juga menambah kemeriahan Pawai Obor

Tidak hanya itu saja, mulai dari santri anak-anak dan santri dewasa juga tampak penuh semangat menampilkan kreasi musik dan gerak atau tari meski sambil berjalan.

Seperti yang di tuturkan oleh salah satu koordinator rombongan dari Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang, Fauzan, bahwa dalam mengikuti Pawai Obor kafilahnya sempat terpencar.

"Dari madin tempat saya satu kafilah dan bergabung dengan kafilah dari Desa Selakambang, kemudian dari Desa Penaruban. Namun kafilahnya terpencar, sehingga ada grup yang berada di posisi paling belakang," katanya.

Senada dengan Fauzan, ustadzah TPQ al Ikhlas dari Desa Penolih, Sri Rahayu, juga memiliki kesan tersendiri dalam mengikuti Pawai Obor, karena harus bersusah payah mencari minyak.

"Luar biasa, penuh perjuangan, mulai dari proses pembuatan obor  sampai cari minyak tanahnya muter-muter," katanya, Minggu (22/10/2018).

Sebagai informasi, dalam rangkaian kegiatan HSN sebelumnya telah digelar acara Purbalingga Berdoa di Alun-Alun Purbalingga, Sabtu (20/10/2018) malam. Selanjutnya hari ini, Senin (22/10/2018) pagi akan di gelar Apel HSN dan dilanjutkan dengan Festival Rebana di Alun-Alun Purbalngga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES