Kesehatan

Masalah Kesehatan Ini Sebabkan Badan Berkeringat di Malam Hari

Senin, 22 Oktober 2018 - 05:15 | 71.91k
ILUSTRASI: Tidur berkeringat. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI: Tidur berkeringat. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda harus waspada jika sering berkeringat di malam hari padahal cuaca tidak panas. Bisa jadi Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu. Berikut ini beberapa penyebab seseorang merasa kegerahan dan berkeringat di malam hari, dilansir dari Hello Sehat.

1. Menopause

Wanita usia menopause sering berkeringat di malam hari akibat hot flashes. Kondisi ini adalah perasaan panas yang datang tiba-tiba dari dalam tubuh dan biasanya terasa di wajah, leher, dan dada. Selain keringatan di tengah malam, gejala hot flashes juga bisa membuat kulit memerah, jantung berdetak lebih cepat, dan kesemutan di ujung-ujung jari Anda.

2. Infeksi

Salah satu infeksi yang paling sering menyebabkan keringat malam ialah tuberkulosis atau TBC. Akan tetapi, tak hanya itu saja, infeksi bakteri seperti radang katup jantung (endokarditis), peradangan pada tulang, dan HIV juga bisa menyebabkan Anda berkeringat di malam hari.

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi saat gula darah di dalam tubuh terlalu rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang berkeringat di waktu yang tidak seharusnya, termasuk di malam hari. Hipoglikemia umumnya terjadi pada orang dengan diabetes di mana kadar gula darahnya tidak stabil.

4. Kanker

Salah satu jenis kanker yang paling umum dan bisa menyebabkan keringat di malam hari adalah kanker limfoma. Kanker ini menyerang kelenjar getah bening serta limfosit atau salah satu jenis sel darah putih di tubuh.

Selain keringat tengah malam, kanker limfoma juga memunculkan gejala lain seperti penurunan berat badan yang sangat drastis dan demam tanpa sebab.

5. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi saat tubuh mengalami keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, orang yang mengalami ini disarankan untuk memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat untuk meminimalkan produksi keringat yang dihasilkan tubuh.

Itulah enam penyebab berkeringat di malam hari yang perlu Anda ketahui. Jika kondisi ini berlangsung lama dan terasa mengganggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES