Peristiwa Daerah

Sambut HSN 2018, Ribuan Santri di Gresik Kirab Obor

Minggu, 21 Oktober 2018 - 20:20 | 86.13k
Kirab obor memperingati HSN 2018 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia).
Kirab obor memperingati HSN 2018 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2018, ribuan santri Yayasan Ponpes Al-Muniroh, Kabupaten Gresik, Jawa Timur melakukan kirab obor. Sembari kirab mengelilingi desa, santri juga melantunkan shalawat.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muniroh, Hj Uswatun Hasanah mengatakan, kegiatan tersebut untuk menggembirakan HSN yang digelar setiap 22 Oktober.

Selain itu, kata dia, pawai obor dilakukan untuk mengenang jasa para ulamak dan kiai yang menyebarkan agama islam. Selain menyebarkan agama, ulamak dahulu juga berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan.

"Santri Al-Muniroh harus bisa memaknai hari santri itu sendiri," katanya, Minggu (21/10/2018).

Kirab-Obor-Santri-2.jpg

Uswatun berharap, santri masa kini juga harus paham sejarah. HSN adalah momentum memperingati keluarnya Resolusi Jihad oleh pendiri NU Hasyim Asy'ari pada masa mempertahankan kemerdekaan.

"Santri masa kini harus diaktualisasikan dengan berbagai hal antara lain belajar agama islam dan menolak paham-paham radikalisme," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Haris Alaikum menjelaskan, dalam HSN tahun ini, Ponpes Al-Muniroh melaksanakan berbagai kegiatan antara lain kirab obor, khotmil quran dan pengajian agama.

"Ada ribuan santri dari berbagai jenjang ikut acara kirab obor ini mulai dari TK, MI, MTs hingga tingkat SMA/SMK," ucapnya.

Usai berjalan mengelilingi jalan desa sepanjang lima kilometer, para peserta juga nanti mendapatkan dorrprice dari panitia. "Dengan syarat bisa menjawab pertanyaan," tambahnya.

Haris menambahkan, kirab obor dilaksanakan setiap tahun. Dia berharap ke depan, kirab obor dalam rangka Hari Santri Nasional di Ponpes Al-Muniroh, Kabupaten Gresik bisa terlaksana kembali. "Setiap tahun diadakan," tutup dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES