Glutera News

Latihan Presentasi, Apa Saja Manfaatnya?

Minggu, 21 Oktober 2018 - 09:37 | 589.16k
(FOTO: Glutera)
(FOTO: Glutera)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu hal penting yang harus dilakukan setelah bahan presentasi tersusun dengan baik adalah latihan presentasi. Mengapa perlu latihan? Seseorang bisa tampil berbicara di depan orang banyak dengan kalimat yang meluncur lancar dan tertata rapi adalah hasil latihan dan juga pengalaman.

Selain hal di atas, ada beberapa manfaat banyak latihan sebelum presentasi. Berikut ulasannya

1. Meningkatkan Percaya Diri

Pernahkah Anda berada di suatu acara dan tiba-tiba diminta untuk berbicara di depan? Apa yang Anda rasakan salah satunya adalah kurang percaya diri. Berbeda jika kita sudah melakukan persiapan dan latihan sebelumnya.

2. Menguji Kesinambungan Poin-Poin yang akan Dibawakan

Kita bicara tentu ada maksud, ada pesan yang ingin disampaikan. Dengan berlatih, kita akan dapat merasakan dan menilai apakah penyampaian kita dari satu pesan ke pesan yang lainnya sudah berkesinambungan atau tidak.

3. Menemukan Cara Terbaik untuk Menyampaikannya

Dengan banyak latihan, Anda akan menemukan cara paling pas untuk mengutarakan tujuan melakukan presentasi. Baik itu penekanan suara, bahasa tubuh, gestur, bagian mana yang harus diulang, dll.

4. Memperkirakan Waktu yang Dibutuhkan untuk Presentasi

Dengan latihan secara keseluruhan, Anda dapat melakukan estimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan presentasi. Jika Anda dibatasi waktu, misalnya 15 menit atau 30 menit, dengan latihan bisa dilakukan penyesuaian. Jika menggunakan slide, kira-kira berapa slide yang Anda butuhkan untuk jangka waktu tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat latihan presentasi. Lantas, bagaimana melakukannya?

1. Berlatihlah di Depan Cermin

Cermin yang bisa menampilkan seluruh badan lebih baik lagi. Di depan cermin Anda bisa melatih bahasa tubuh, mimik muka, gestur, dll.

2. Gunakan Alat Perekam Suara

Ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi suara Anda apakah sudah cocok dengan pesan yang sedang disampaikan. Misalnya, bagian yang ini intonasinya harus lebih ditekan, bagian yang itu harus diulang untuk penekanan, dll.

3. Berlatih di Depan Orang Lain

Orang lain ini bisa teman, suami, istri, anak, atau siapa saja yang bisa Anda ajak untuk memberi masukan terhadap latihan presentasi Anda. Metode ini bisa sangat efektif untuk memberi masukan keseluruhan penampilan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Glutera News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES