Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Ini Tips Hindari Informasi Hoaks ala TMMD Kodim Sleman

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:27 | 39.31k
Sosialisasi bahaya hoaks yang digelar di balai desa Balecatur Sleman. Sosialisasi ini merupakan sasaran non fisik TMMD Kodim Sleman. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Sosialisasi bahaya hoaks yang digelar di balai desa Balecatur Sleman. Sosialisasi ini merupakan sasaran non fisik TMMD Kodim Sleman. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Satgas TMMD Kodim Sleman bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Sleman menggelar sosialisisasi perkembangan  medsos di wilayah Kabupaten Sleman, Jumat (19/10/2018) di balai Desa Balecatur Kec. Gamping.

Aastya Dedi Kusuma, SIP dari Dinas Keminfo Kab. Sleman dalam menyikapi informasi hoaks. "Hati-hati dengan judul provokatif, Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoaks," jelasnya. 

Oleh karenanya, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

Cermati alamat situs, Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan. Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.

Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi tak sampai 300. Artinya terdapat setidaknya puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti diwaspadai.

Periksa fakta, Perhatikan dari mana berita berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.

Sosialisasi sebagai salah satu sasaran non fisik TMMD Kodim Sleman ini diikuti oleh warga desa Balecatur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES