Pendidikan UIN Malang

Pemerhati Bisnis UIN Malang: Enterprenur Mahasiswa Harus Digeser ke Industri Pasca Milenial

Minggu, 21 Oktober 2018 - 12:32 | 51.55k
ILUSTRASI - Data Technology. (FOTO: ISTOCK.COM/CHOMBOSAN)
ILUSTRASI - Data Technology. (FOTO: ISTOCK.COM/CHOMBOSAN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada statemen menarik dari Yuanda Kusuma, pengamat bisnis UIN Malang, soal pengembangan wirausaha mahasiswa dan generasi muda. Menurutnya, mindset mahasiswa sudah saatnya diorientasikan pada industri pasca milenial

"Saat ini era milenial. Eranya anak-anak generasi Z. Jika mahasiswa sekarang baru mempelajari perilaku generasi milenial, tentu kita akan kalah lagi. Mahasiswa kita akan tertinggal lagi," ujarnya dalam FGD di Ruang Holding UIN Malang beberapa waktu lalu.

Mengapa harus melonjak ke mindset pasca milenial? Sekretaris Holding UIN Malang ini menjelaskan, dalam revolusi teknologi, kita telah melalui tiga tahapan yang sangat menentukan. Yakni information technology (IT), data technology (DT), dan artificial inteligence technology (AIT). 

"Dalam posisi revolusi ini, mahasiswa kita masih berkutat pada mindset IT. Bahkan masih saja dikenalkan dan diboomingkan industri 4.0 di perguruan tinggi kita. Sementara era IT sudah bergeser ke ranah DT. Akibatnya, pola pikir mahasiswa kita masih ketinggalan jauh. Apalagi masih banyak yang baru mempelajarinya. Sementara sekarang pemain DT sudah jor-joran meninggalkan IT," paparnya.

Celakanya, sambung Yuanda, era DT yang lagi digandrungi generasi milenial ini sudah berada di masa tengah-tengah. Mungkin 5-7 tahun ke depan sudah ganti eranya. Masuk ke era AIT.

Kondisi inilah yang harus dicermati mahasiswa. Apalagi bagi mahasiswa yang berada di semester-semester awal. Harus benar-benar mempersiapkan mindsetnya untuk berubah.

"Makanya kita perlu memperbaiki mindset kita. Menyelam lebih jauh untuk bisa mengikuti perkembangan di luar. Jangan menutup diri, apalagi merasa besar di kandang sendiri. Harus membuka pikiran. Terutama yang akan menekuni enterpreneur di zaman industri pasca milenial," pesan Yuanda, yang juga pengajar di UIN Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES