Kesehatan

Sering Mengalami Mata Gatal di Malam Hari? Ini Penyebabnya

Minggu, 21 Oktober 2018 - 02:22 | 530.18k
Ilustrasi - Mata gata; pada malam hari (FOTO: hello sehat)
Ilustrasi - Mata gata; pada malam hari (FOTO: hello sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda mengalami mata gatal tapi hanya saat malam hari? Alasan mendasar mata gatal di malam hari karena Anda terlalu sibuk melakukan kegiatan di siang hari sehingga kurang memperhatikan adanya rasa tidak nyaman di mata. Akhirnya, gangguan kesehatan mata tersebut baru benar-benar terasa di malam hari ketika aktivitas mulai berkurang.

Namun sebenarnya, selain hal di atas, mata gatal di malam hari juga disebabkan berbagai faktor. Dilansir dari Hello Sehat, berikut penyebab mata gatal di malam hari.

1. Reaksi Alergi

Alergi yang menyerang mata atau kelopak mata mungkin merupakan alasan mata gatal di malam hari. Entah karena terkena debu, polusi, asap rokok, atau bulu saat beraktivitas seharian.

Tidak sengaja terkena suatu produk pembersih atau perawatan pribadi seperti sabun, deterjen, parfum, cat kuku, pewarna rambut, dan lainnya juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

2. Mata Kering

Mata kering sering ditandai dengan mata yang terasa berair, gatal, ada yang mengganjal, peka terhadap cahaya, bahkan terlihat kemerahan. Jika tidak segera diobati, kondisi mata kering bisa semakin parah terutama saat malam hari.

Bukan tidak mungkin, mata kering akan membuat pandangan Anda terganggu sehingga sulit melihat dengan jelas di malam hari.

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah infeksi yang terjadi di konjungtiva, yaitu membran transparan antara kelopak dan bagian putih mata. Kondisi ini dikenal dengan sakit mata yang ditandai dengan mata yang tampak kemerahan disertai dengan gatal sepanjang hari, termasuk di malam hari.

4. Mata Lelah

Penyebab mata gatal malam hari Anda ternyata bisa dipicu oleh kelelahan pada mata. Biasanya karena terlalu lama menatap layar monitor, handphone, atau sering berkendara jarak jauh. Selain itu, kebiasaan membaca dengan cahaya redup di malam hari juga bisa membuat mata Anda bekerja ekstra keras hingga akhirnya membuatnya lelah.

Kondisi ini umumnya disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala, sensitivitas terhadap cahaya, hingga sulit membuka mata dengan normal.

5. Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan di kelopak mata, tepatnya pada area dimana bulu mata tumbuh. Kondisi ini bisa terjadi ketika kelenjar minyak pada folikel rambut di kelopak mata tersumbat oleh bakteri, tungau, atau debu. Selain gatal, kelopak Anda juga mungkin berkerak. Semua gejala ini bisa memburuk di malam hari.

Itulah lima penyebab mata gatal di malam hari. Agar tidak mengalami gangguan kesehatan mata seperti mata gatal ini, sebaiknya Anda selalu menjaga mata agar tidak mengalami lima hal di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES