Kesehatan

Sering Makan Mi Instan Mentah? Awas, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:22 | 216.13k
Bahaya sering konsumsi Mi instan Mentah (Ilustrasi - TIMES Indonesia)
Bahaya sering konsumsi Mi instan Mentah (Ilustrasi - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMi instan sering menjadi pilihan untuk mengatasi rasa lapar. Tak hanya mengonsumsinya setelah dimasak, banyak juga yang memakan mi dalam keadaan masih mentah atau dengan cara diremas dan dicampur dengan bumbunya. Rasanya memang tetap enak. Tapi, tahukah Anda kalau makan mi instan mentah bisa sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh?

Dilansir dari Tabloid Bintang, mengonsumsi mie instan mentah dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan hal-hal berikut.

1. Diabetes
Mengonsumsi mie instan mentah setiap hari dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika terus menerus mengonsumsinya tanpa proses perebusan maka akan memicu munculnya penyakit diabetes  karena mi instan mengandung kadar gula yang tinggi.

2. Tekanan Darah Tinggi
Kandungan garam yang tinggi pada mi instan dapat menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan garam, lemak, dan minyak, yang dapat bergabung dan membentuk gumpalan yang dapat menghalangi aliran darah.

3. Kegemukan atau Obesitas
Seseorang yang gemar mengonsumsi mi instan dalam keadaan mentah pada malam hari maka kemungkinan besar akan mengalami kegemukan dengan cepat karena di dalam mi instan terkandung karbohidrat dan lemak tinggi.

4. Luka pada Usus
Zat pengawet dan garam yang ada pada mi instan yang dimakan dalam keadaan mentah dan dilakukan setiap hari atau jangka panjang dapat menyebabkan dinding usus luka dan teriritasi, yang nantinya dapat menurunkan kualitas kinerja usus.

5. Kanker
Seseorang yang sering makan mi mentah dapat berisiko terkena kanker karena bahan pengawet dan bumbu yang ada pada mi dapat berubah menjadi racun jika dimakan dalam kondisi tanpa melalui proses perebusan. Bahan pengawet tersebut mampu memicu pertumbuhan sel baik dalam tubuh menjadi sel abnormal yang perlahan-lahan berubah menjadi sel kanker.

6. Gangguan Saraf Otak
Anak-anak yang mengonsumsi mi instan dalam keadaan mentah dan telah dilakukan selama bertahun tahun dapat berisiko mengalami gangguan pada saraf-saraf otaknya. Kandungan penguat rasa (MSG) dapat merusak jaringan otak dan mempengaruhi daya ingat serta kecerdasan anak-anak. Inilah alasan kenapa para orang tua sangat disarankan untuk menjauhi mi instan sebagai pilihan menu bagi anak-anak yang masih kecil.

7. Sakit Tenggorokan
Makan mi instan mentah secara berlebihan dapat mengiritasi saluran tenggorokan karena zat MSG dan bahan pengawet dapat melekat pada dinding saluran kerongkongan dan menyebabkan gatal, serak, dan batuk-batuk. Tenggorokan yang teritasi akan terus meradang jika makan mi dalam keadaan mentah tidak segera dihentikan.

8. Kolesterol Naik
Makan mi instan mentah ataupun direbus setiap hari lebih dari tiga mangkuk dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu munculnya stroke ringan.

Masih berani makan mi instan mentah? Demi menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya Anda tidak lagi makan mi instan mentah. Selain itu, Anda juga perlu membatasi makan mi instan yang sudah dimasak. Berlebihan makan mi instan bisa memberikan efek buruk untuk tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES