Peristiwa Daerah

Ribuan Alumni Semapa PK '98 Penuhi TMII, Mereka Lakukan Ini...

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:40 | 244.34k
Beginilah saat Alumni Semapa PK '98 bertemu dan berkumpul di Taman Mini Indonesia Indah,  Jakarta.  (FOTO: istimewa)
Beginilah saat Alumni Semapa PK '98 bertemu dan berkumpul di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan Alumni Sekolah Perwira Prajurit Karier (Semapa PK) Angkatan 1998 (Kharisma '98), Sabtu (20/10/2018) siang tadi tumplek blek di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Mereka berkumpul untuk Reuni Akbar 20 Tahun Semapa PK 98.

Mereka adalah alumni baik TNI maupun Polri yang terlahir sama di Bumi Chandra Dimuka Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah saat pendidikan. 

Sedikitnya 1300 an alumni Semapa PK siang itu tumplek blek di TMII menunjukkan kebersamaan. Mereka bercengkrama, bersendau gurau dengan perasaan dalam nostalgia setelah selama 20 tahun pengabdiannya kepada negara.

Acara itu juga dikemas dengan kegiatan jalan sehat, olah raga bersama dan dilanjutkan ramah tamah penuh persahabatan bahkan kekeluargaan  layaknya keluarga kandung.

Inilah bukti sinergitas TNI-Polri khususnya Alumni Semapa PK Angkatan 1998 (Kharisma 98”). Jumlah personil Kharisma '98 tercatat 1335 orang yang terdiri dari Matra Darat, Matra laut, Matra Udara dan Matra Polri.

Mereka juga telah berdinas diseluruh wilayah NKRI dari Sabang sampai Merauke dan beberapa di antaranya berdinas diluar negeri dalam rangka misi perdamaian dunia maupun melaksanakan tugas belajar baik untuk tingkat S2 maupun S3.

Ketua panitia Letkol (Sus) Harianto, M. Pd mengatakan, kegiatan reuni ini tidak hanya sekedar kumpul antar angkatan saja, tetapi sebagai wahana silaturahmi dan ajang diskusi serta sharing pengetahuan disamping untuk menumbuhkan jiwa sinergitas antara TNI-POLRI.

"Selain itu juga untuk menjalin kebersamaan dalam berpartisipasi dan berkontribusi positif di kancah pembangunan masyarakat Indonesia di era milenial global ini," katanya. 

Setelah 20 tahun mengabdi, atas kesepakatan ke 4 matra itu, tahun ini giliran TNI AU yang menjadi tuan rumah.

"Acara ini kami kemas dalam semangat kekeluargaan tanpa melihat pangkat dan jabatan. Kami sama-sama siswa persis seperti 20 tahun yang lalu," papar Harianto.

Ia menyatakan Kharisma 98 saat ini cukup membanggakan. Ini dapat dilihat dari posisi jabatan dan terutama keunggulan dibidang akademik. Dengan jumlah 1335 Perwira TNI Polri yang saat ini sudah Kolonel dan Letkol dan terbukti sudah banyak menduduki jabatan  strategis diantaranya Komandan Satuan. Bahkan tidak sedikit yang terpilih menjadi pasukan perdamaian Dunia Milobs cs, misi penanggulangan bencana gempa baik di Aceh, Lombok maupun di Palu.

Sementara Letkol Adm Sembiring, juga alumni Semapa PK 1998 yang juga salah satu penggagas Kharisma 98, menambahkan, nostalgia saat pendidikan di Magelang sangat terasa, disaat kumpul bareng, pendidikan bersama antara TNI-POLRI.

"Tentu akan memberikan semangat sinergitas dan akan terpatri sampai nanti. Ini ibarat kami masih makan satu ompreng bersama, dan sama-sama merasakan dinginnya lembah tidar," ujar Letkol Adm Sembiring, juga alumni Semapa PK 1998 (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES