Pendidikan

GenBI Jember Ajari Siswa Tuna Netra Kenali Uang Rupiah

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 11:46 | 25.24k
Seorang siswa tuna netra saat berusaha mengenali uang rupiah dengan membaca blind code. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Seorang siswa tuna netra saat berusaha mengenali uang rupiah dengan membaca blind code. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERGenBI atau Generasi Baru Indonesia Jember memberikan arahan mengenali uang rupiah kepada siswa tuna netra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bintoro, Jember, Jawa Timur. 

"Karena kita merupakan kepanjang tanganan dari Bank Indonesia (BI) maka materi yang kita ajarkan ini berupa pengenalan uang rupiah khususnya kepada siswa tuna netra," tutur Ketua GenBI Jember, Habiburrohim, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (20/10/2018).

Ia mengatakan materi yang diajarkan oleh kader-kader GenBI kepada para siswa meliputi beberapa hal. Salah satunya adalah mengenali uang rupiah lewat blind code yang jumlahnya bervariasi disetiap nominal. 

"Para peserta saya lihat juga antusiasmenya tinggi sekali dan sangat paham," katanya. 

Sementara itu salah seorang siswa tuna netra, Rahmat Hidayat, mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukan GenBI. Dari materi yang disampaikan, Rahmat akhirnya bisa mengenali uang rupiah lewat blind code yang tertera dalam setiap nominal uang. 

"Dari kegiatan ini kita akhirnya bisa mengenali uang lewat ciri-ciri yang bisa kita pegang, contohnya uang Rp 1000 yang blind codenya ada tujuh," ucap& Rahmat. 

Setelah acara ini kata Rahmat, ia bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk mengenali uang rupiah. Sebelumnya saat akan membeli sesuatu, Rahmat selalu meminta bantuan orang lain untuk menyebutkan nominal uang yang sedang ia pegang. 

"Iya biasanya tanya, ini uang berapa. Kalau sekarang sudah tidak merepotkan orang lain, begitu," ucapnya. 

Kepala Sekolah SLB Tuna Netra Bintoro, Wahyono, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh GenBI. Dengan metode pengajaran yang santai dan seru, siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan, terutama perihal mengenali uang rupiah. 

"Sangat bagus ya, apalagi setiap harinya anak-anak juga selalu dihadapkan dengan uang," katanya. 

Wahyono mengatakan siswa yang ikut dalam sosialisasi pengenalan uang rupiah oleh GenBI Jember kali ini memang dikhususkan kepada para tuna netra. Total, ada 16 siswa tuna netra yang belajar di SLB Tuna Netra Bintoro. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES