Kesehatan

Kaya Antioksidan, Ini Lima Manfaat Matcha untuk Kesehatan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 17:09 | 29.55k
Matcha. (FOTO: ful-filled)
Matcha. (FOTO: ful-filled)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMatcha minuman yang sedang hits dimanapun. Tak terkecuali di Indonesia. Saking populernya, matcha tak hanya disajikan dalam bentuk minuman, tapi juga topping maupun bahan isian makanan.

Matcha sendiri terbuat dari daun teh hijau yang telah dikukus dan ditumbuk menjadi serbuk halus, kemudian disimpan dalam ruangan tanpa cahaya dan oksigen untuk memperkaya sifat antioksidannya.

Nah berikut manfaat matcha 

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, sebanyak sepertiga dari semua kematian pada orang-orang dengan usia di atas 35 tahun. Menariknya, beberapa penelitian menemukan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Meremajakan kulit

Karena sifat detoksifikasinya, matcha dikenal dapat melembapkan, mengelupas, dan melembapkan kulit. Klorofil dalam matcha yang melindungi daun dari sinar matahari dan memberi warna hijau dapat membersihkan kulit dari racun, serta melindunginya dari bahan kimia yang dapat membuat kulit rentan terhadap noda atau perubahan warna.

3. Membantu melawan kanker

Antioksidan yang paling dominan ada di dalam matcha adalah epigallocatechin gallate, secara khusus terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Beberapa studi membuktikan bahwa antioksidan tersebut dapat mengganggu beberapa proses yang terlibat dalam replikasi sel, menyebabkan kematian sel tumor.

4. Meningkatkan metabolisme dan mempertahankan energi

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology di tahun 2015 menemukan bahwa L- theanine di dalam matcha dapat mengubah efek kafein yang mempromosikan fokus berkelanjutan. Kafein dalam matcha mengandung L-theanine dan energi yang bisa bertahan dari tiga hingga enam jam.

5. Matcha meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi

Matcha dapat menjadi sarana untuk relaksasi dan meditasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Wageningen University di tahun 2017 menunjukkan bahwa L-theanine juga memproduksi dopamin dan serotonin, berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, memori, dan konsentrasi.

Melihat manfaatnya yang luar biasa, tak ada ruginya mengkonsumsi matcha. Namun perlu diingat asupan gulanya. Minuman matcha murni jauh lebih sehat dan bermanfaat bagu tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES