Pendidikan

FK Unair Buka Dua Sistem Pendaftaran MEDSPIN 2018

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 09:09 | 267.02k
FK Unair kembali menggelar event tahunan MEDSPIN, lomba sains dan medis terbesar kedua se-Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan melalui dua cara yaitu online dan off line, Jumat (19/10/2018). (FOTO: Istimewa)
FK Unair kembali menggelar event tahunan MEDSPIN, lomba sains dan medis terbesar kedua se-Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan melalui dua cara yaitu online dan off line, Jumat (19/10/2018). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengadakan kegiatan tahunan MEDSPIN (International Medical Science and Application Competition/lomba sains dan medis tingkat internasional).

MEDSPIN adalah lomba sains dan medis terbesar kedua se-Indonesia. Hal ini dibuktikan satu diantaranya, jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahun dan diharapkan tahun ini dapat mempertahankan angka 5000 peserta atau lebih.

MEDSPIN-2.jpg

Tahun ini, MEDSPIN mengusung tema “Nutritional and Metabolic Disease”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini MEDSPIN hadir dengan jenis kompetisi yang lebih bervariasi. Tidak hanya olimpiade, melainkan juga terdapat 2 jenis lomba varian yaitu public poster dan cover jingle MEDSPIN 2018.

“Lomba inovasi terbaru kami adalah public poster , sedangkan jingle sudah pernah diadakan 2 tahun sebelumnya dan ingin dikembangkan lagi pada tahun ini,” terang Ketua MEDSPIN 2018, M Abdurrahman Rasyid, Jumat (19/10/2018).

Pendaftaran dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu online dan offline. Pendaftaran secara online sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara membuka website MEDSPIN kemudian membuat akun dan melakukan pembayaran via transfer.

“Selain itu, tahun ini kita memiliki sistem pendaftaran yang baru untuk sistem offline. Jika tahun-tahun sebelumnya kita menggunakan formulir berupa kertas, tahun ini kita menggunakan sistem voucher,” sambung Rasyid.

Penggunaan sistem voucher bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas, dengan sistem ini para peserta diuntungkan karena dapat menginput data mereka masing-masing sehingga keakuratan nama di sertifikat terjamin.

Menariknya, jika jenis perlombaan olimpiade biasanya diperuntukkan untuk anak SMA jurusan IPA, 2 jenis perlombaan lainnya dapat diikuti juga oleh anak SMA jurusan IPS dan IBB. Pelaksanaan olimpiade MEDSPIN 2018 terdiri atas 6 babak, yaitu babak penyisihan, quarter final, semi final, tambahan, final, dan grand final.

Babak penyisihan dilaksanakan secara offline di 28 kota di Indonesia dan secara online di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta di negara-negara ASEAN serentak pada tanggal 4 November 2018. Lalu untuk babak selanjutnya akan dilaksanan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Peserta berkompetisi dalam tim, masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Uniknya, tipe ujian dan kisi-kisi beserta buku-buku yang dapat dijadikan referensi dari setiap babak telah disebutkan secara lengkap pada website MEDSPIN FK Unair.

Tidak hanya itu, MEDSPIN FK Unair juga memberikan soal-soal penyisihan dari tahun-tahun sebelumnya ditambah dengan adanya try out online yang diadakan 2 kali beserta pembahasannya.

“Sehingga para peserta pun akan merasakan banyak sekali manfaat yang didapat dengan mengikuti ajang olimpiade yang hanya diadakan sekali dalam setahun oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,” tambah Abdurrahman.

Selanjutnya, terdapat lomba public poster dapat diikuti secara berkelompok yang terdiri dari 2-3 orang. Lomba ini dapat diikuti oleh semua jurusan, tidak terbatas pada jurusan IPA saja. Pada lomba public poster ini, tersedia 4 subtema yang dapat digunakan peserta dalam membuat poster antara lain pencegahan gangguan gizi dan metabolisme, tanda-tanda gangguan gizi dan metabolisme, mempersiapkan nutrisi yang baik, dan perubahan sistemik akibat gangguan metabolisme.

Penjurian untuk babak penyisihan public poster akan dilakukan secara online dan 5 tim yang terpilih akan masuk ke babak selanjutnya untuk berkampanye menggunakan posternya secara langsung di MEDSPIN 2018. Lomba public poster ini memang masih terbilang baru, tetapi minat dari siswa-siswi SMA sangat tinggi sehingga banyak calon peserta yang bersaing untuk mendaftar pada cabang perlombaan ini.

Kemudian, ada cabang perlombaan yang sangat menarik perhatian siswa-siswi SMA karena dapat diikuti oleh kelompok yang maksimal terdiri dari 7 orang dan kegiatannya merupakan salah satu tren anak muda masa kini yakni cover jingle MEDSPIN. Dengan menggunakan media sosial yang sedang naik daun saat ini, youtube, para peserta cover jingle MEDSPIN dapat mengunggah video hasil aransemen mereka sekaligus memperkenalkan tim mereka ke khalayak luas. Batas pengumpulan video aransemen 28 Oktober 2018 diunggah di akun youtube masing-masing. Bagi juara pertama cover jingle MEDSPIN berhak datang dan tampil langsung pada Opening Ceremony MEDSPIN 2018.

Keuntungan mengikuti MEDSPIN ini tidak hanya sebatas mendapat sertifikat bertaraf internasional, tetapi juga pelatihan keterampilan medis. Basic Life Support menjadi suatu acara wajib di tiap wilayah pada babak penyisihan dengan harapan setiap peserta dapat memiliki pengetahuan mengenai keterampilan medis dasar.

Sebanyak 150 tim yang lolos dari babak penyisihan akan diundang ke Surabaya untuk mengikuti babak Quarter Final pada tanggal 17 November 2018. Pelaksanaan babak ini cukup unik yaitu dalam bentuk “Essay Rally”, di mana peserta akan mengerjakan soal di 31 pos yang tersebar di seluruh wilayah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam durasi waktu selama 150 menit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES