Ekonomi

Dirut LPDB - KUMKM Optimistis Target Rp 1.2 Triliun Tersalurkan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 04:23 | 16.09k
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo mengaku tetap optimis pihaknya bakal memenuhi target penyaluran dana bergulir sebanyak Rp 1,2 triliun hingga akhir tahun 2018, meskipun hingga saat ini baru tersalurkan Rp 38, 5 miliar.

"Kita optimis lah (target terpenuhi). Kita sudah buktikan 41 dokumen kita sudah lakukan desk review di level kedua dan sudah masuk di analisa yuridis dan managemen resiko. Kurang lebih saat ini kita targetkan sekali atau 2 kali," katanya di Kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Terkait rendahnya dana yang disalurkan hingga oktober 2018 ini, kata dia, manajemen LPDB KUMKM tak tinggal diam. Beberapa strategi telah dilakukan guna meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan saat menyalurkan 86% sisa dana yang belum tersalur. diantaranya melalui moratorium penyaluran dana untuk memverifikasi data.

Kemudian, dengan cara membenahi peeaturan dan kebijakan agar tak bertabrakan dengab Permenkop dan UKM No 8 tahun 2018 guna mempermudah akses permodalan ke LPDB - KUMKM.

"Melakukan pembenahan proses bisnis agar tidak terjadi lagi masalah - masalah dikemudian hari," ujar dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES