Ekonomi

Harga Wortel di Banyuwangi Mulai Merangkak Naik

Jumat, 19 Oktober 2018 - 21:04 | 124.98k
ILUSTRASI: (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIHarga wortel di pasar mulai merangkak naik di Pasar Genteng I, Banyuwangi. Sebelumnya harga wortel Rp 7.000 per kilogram (kg). Namun sejak tiga hari terakhir harganya melonjak menjadi Rp 10.000 per kg. 

"Saat ini harga wortel mulai naik, Namun meski begitu diimbangi dengan kualitas yang sangat bagus. Kalau kemarin harganya murah karena kualitas panennya jelek," ungkap Wahyudi (48) salah seorang pedagang sayur di Pasar Genteng 1, Jumat (19/10/2018).

Wahyudi menyampaikan, kenaikan harga ini disebakan oleh minimnya pasokan wortel dari wilayah penghasil sayuran. Saat ini hanya Kabupaten Probolinggo yang masih memberi pasokan wortel. 

"Dalam satu karung wortel yang dipasok dari Kabupaten Probolinggo hanya sekitar lima persen saja yang busuk dan rusak, lainnya masih dalam kondisi bagus dan berukuran besar," ujarnya. 

Diperkirakan harga wortel akan terus mengalami kenaikan, karena dilihat dari stok yang ada sudah mulai menipis. 

" Kalau naiknya mungkin tidak banyak, Rp 1.000 saja jika stoknya sudah mulai menurun seperti saat ini,” paparnya.

Sementara itu, Murni (43) salah seorang pembeli asal Dusun Cangaan, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi mengatakan harga kebutuhan dapur masih dalam kondisi normal. Ia menyebut untuk saat tidak banyak perubahan harga sayuran yang signifikan selain harga wortel. “Masih belum ada harga sayuran yang melonjak tajam. Wajar kalau naik cuma naik segitu,” paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES