Kesehatan

Catat! Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi saat Hamil

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 04:09 | 470.39k
ILUSTRASI: Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi saat Hamil. (FOTO: mommatters)
ILUSTRASI: Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi saat Hamil. (FOTO: mommatters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa kehamilan, terutama trimester pertama perlu dijaga dengan benar. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat hamil adalah asupan nutrisi supaya janin bisa berkembang maksimal. Termasuk menghindari makanan dan minuman yang bisa menurunkan kualitas kesehatan Anda dan kandungan. Apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut lima makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

1. Ikan laut bermerkuri tinggi dan ikan berlemak

Jenis ikan seperti hiu, marlin, todak, dan kerang-kerangan merupakan biota laut yang mengandung kadar merkuri tinggi. Jika ibu hamil tetap mengonsumsi ikan tersebut, janin dalam kandungan bisa mengalami kerusakan otak dan gangguan pertumbuhan.

2. Susu mentah atau belum terpasteurisasi

Susu atau produk olahan lainnya yang belum dipasteurisasi masih mengandung kuman bakteri yang berbahaya bagi janin. Maka, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi susu mentah karena kuman bisa mengganggu perkembangan janin.

3. Kopi dan alkohol

Mengonsumsi kopi lebih dari 200 mg per hari bisa menyebabkan ibu hamil dehidrasi, mengacaukan denyut jantung, meningkatkan risiko keguguran, dan kelahiran prematur.

Alkohol yang dikonsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko janin untuk mengalami cacat saat lahir, berat badan lahir rendah, lahir secara prematur, atau bahkan kematian.

4. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan yang tidak diproses secara higienis dan tidak dimasak hingga matang kemungkinan besar mengandung berbagai bakteri dan virus berbahaya. Jika mikroorganisme tersebut masuk ke dalam tubuh, bisa mengancam keselamatan kandungan dan kesehatan ibu hamil.

5. Makanan atau minuman kemasan yang berpengawet

Daging olahan yang dikemas (kaleng atau plastik) dapat membawa bakteri listeria yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Gejala dari penyakit tersebut ialah demam, sakit kepala, leher kaku, dan diare.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), listeriosis berbahaya bagi ibu yang tengah hamil muda karena bisa memicu keguguran, persalinan prematur, dan infeksi lainnya. 

Itulah kelima makanan yang wajib dihindari jika Anda sedang hamil. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi daun kenikir, stroberi, brokoli, bayam, zaitun, dan kacang almon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES