Gaya Hidup

Tiga Cara Mudah Bebas Stres saat di Bawah Tekanan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 03:52 | 64.78k
ILUSTRASI: Bebas Stres. (FOTO: Dokter.id)
ILUSTRASI: Bebas Stres. (FOTO: Dokter.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hampir semua orang pernah mengalami stres, entah ringan atau berat. Stres merupakan kondisi dimana pikiran Anda merasa tertekan karena berbagai macam penyebab. Stres bisa dipicu masalah pekerjaan, asmara, hingga hubungan rumah tangga. Berada di bawah tekanan sudah tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Tapi tenang, ada cara jitu agar bebas stres meski Anda tengah terlibat suatu masalah.

Dilansir dari Best Life, berikut ini adalah cara yang bisa Anda coba.

1. Mencari Tahu Penyebab Stres

Orang yang sedang tertekan cenderung akan membayangkan hal terburuk yang mungkin terjadi. Padahal, harusnya Anda berpikir ulang, apakah hal terburuk yang dipikirkan tersebut logis untuk terjadi.

Kunci untuk menghindari stres adalah tetap rasional dalam menghadapi segala masalah. Singkirkan pikiran buruk atas hal yang belum jelas akan Anda alami.

2. Perhatikan Apa yang Ada di Sekitar Anda

Cara ini sangat membantu ketika Anda terlibat dalam pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi dan kreativitas. Sebab, ketika stres, Anda biasanya akan fokus pada diri sendiri. Dengan memperhatikan sekitar, pikiran buruk Anda akan teralihkan untuk sementara waktu.

Di tengah menumpuknya pekerjaan, sempatkan diri Anda untuk menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan atau berbincang dengan orang sekitar.

3. Fokus pada Saat Ini, Bukan Masa Depan

Stres sering menjadi semakin parah karena Anda membayangkan kemungkinan masa depan yang tidak menyenangkan. Satu hal yang perlu Anda ingat, daripada memikirkan hal yang masih “di awang-awang’, pusatkan pikiran pada hal-hal yang sedang terjadi, bukan masa depan yang belum pasti.

Jadi, fokuslah pada apa yang sedang dihadapi. Sehingga, setelah masalah selesai, Anda bisa mengatur rencana untuk menyelesaikan hal lainnya.

Memang tidak mudah untuk mengelola stres agar terhindar dari depresi ketika Anda berada di bawah tekanan. Namun, berbagai tips bebas stres di atas bisa Anda coba untuk mengatasinya. Selain itu, jangan lupa menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, cukup istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES