Peristiwa Daerah Gempa Donggala dan Palu

BMKG Dorong Revisi Tata Ruang di Kawasan Rawan Bencana 

Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 | 42.05k
Ilustrasi bangunan hancur karena gempa. (FOTO: Pixabay)
Ilustrasi bangunan hancur karena gempa. (FOTO: Pixabay)

TIMESINDONESIA, PALUBMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mendorong pemerintah daerah untuk merevisi tata ruang wilayah di kawasan rawan bencana

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, revisi tata ruang wilayah dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. "Revisi ini perlu segera dilakukan agar dampak dari kejadian yang lalu (gempa dan tsunami) tidak terulang kembali. Bukan cuma Sulawesi Tengah, tapi juga wilayah lain di Indonesia yang masuk dalam kategori rawan bencana alam," kata Dwikorita, saat berada di Palu, Sulteng, Jumat (19/10/2018), dilansir dari bmkg.go.id.

Dia mengatakan, penataan ruang memiliki peran besar dalam upaya mitigasi bencana. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) mengatur pengendalian dan pemanfaatan suatu kawasan, apakah layak atau tidak dijadikan tempat pemukiman. 

Oleh karenanya, kata dia, dalam perencanaan tata ruang hendaknya mempertimbangkan peta bencana, khususnya kondisi kerentanan tanah terhadap gempa, likuifaksi dan longsoran serta banjir bandang di wilayah tersebut.

"Jangan sampai atas dasar kebutuhan tempat tinggal penduduk atau motif ekonomi politik, wilayah yang seharusnya tidak ditinggali justru menjadi kawasan pemukiman padat penduduk," terangnya.

Dwikorita menekankan perlu pengawasan ketat agar rencana tata ruang tersebut, benar-benar dijadikan acuan dalam rencana pembangunan.

Dalam konteks wilayah Sulteng, selain mendorong revisi tata ruang di kawasan rawan bencana, BMKG juga merekomendasikan pembangunan fasilitas perlindungan tsunami di kawasan pantai. "Fasilitas tersebut untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta mengurangi risiko dari bencana tsunami itu," kata Dwikorita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES