Peristiwa Internasional

Komitmen Negara ASEAN Wujudkan Perdamaian dan Stabilitas Kawasan

Jumat, 19 Oktober 2018 - 17:05 | 82.08k
Pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN (ADMM) tahun 2018 di Singapura. (FOTO: detikNews)
Pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN (ADMM) tahun 2018 di Singapura. (FOTO: detikNews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Negara-negara ASEAN berkomitmen mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan, dengan memperkuat kerja sama praktis untuk mengatasi tantangan keamanan bersama.

Komitmen tersebut dituangkan dalam penandatanganan deklarasi bersama para menteri pertahanan (menhan) se-ASEAN, Jumat (19/10/2018) di Hotel Shangri-la, Singpura. Penandatanganan dilakukan di sela-sela ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) Ke-12 Tahun 2018.

Menhan Singapura, Ng Eng Hen mengatakan, penandatanganan deklarasi bersama ini untuk menegaskan kembali kerja sama antar negara ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. 

ADMM ke-12 membahas sejumlah hal seperti peningkatan kerja sama kontra terorisme; mengatasi ancaman kimia, biologi, dan radiologi, dan menetapkan langkah-langkah membangun rahasia di udara dan di laut, untuk meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.

Mengenai kontra terorisme, para menhan se-ASEAN akan mengadopsi Our Eyes yang diinisiasi Indonesia sebagai platform berbagi informasi. 

"Singapura akan membantu Indonesia dalam upaya ini guna memperkuat pembagian informasi strategis mengenai anti-terorisme di antara semua negara anggota ASEAN," kata Ng Eng Hen yang juga Ketua Penyelenggara ADMM. 

Para menteri juga menyambut baik kerangka kerja kontra terorisme tentang Resilience, Response, Recovery (3R) yang diinisiasi Singapura. 

Pertemuan para Menhan se-ASEAN ini digelar 19-20 Oktober 2018. Sepuluh negara anggota ADMM hadir, yakni: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Ditambah delapan negara ADMM Plus, yakni: Australia, China, Amerika, Jepang, India, Selandia Baru, Rusia dan Korea Selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES