Kesehatan

Bekatul Beras Hitam Potensial untuk Obat Kanker Hati

Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:44 | 122.31k
Beras Hitam. (FOTO: Jamu Jeng Ratu)
Beras Hitam. (FOTO: Jamu Jeng Ratu)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ada kabar baik bagi petani yang menanam padi beras hitam. Hasil penelitian Dosen Universitas Setia Budi, Surakarta, Rizal Maarif Rukmana menyebutkan bahwa bekatul beras hitam mengandung banyak senyawa anti kanker.

Senyawa yang dimaksud adalah senyawa antosianin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti anti diabetik, anti mutagenik, anti alergi, serta anti kanker. 

Hal ini terungkap saat melakukan penelitian untuk disertasi berjudul Aktivitas Sitotoksik Fraksi ekstrak Etanolik Bekatul Beras Hitam Terhadap Sel HepG2 dan Antiangiogenik Terhadap Choriaalantoic Membrane. 

“Ekstrak etanolik bekatul beras hitam dan putih mampu menghambat proliferasi, menginduksi apoptosis, dan menghambat angiogenesis,” kata Rizal di Yogyakarta, Jumat (19/10/2018).

Selain itu, ekstrak etanolik bekatul beras hitam dan putih Wajo Laka dan beras putih kultivar IR 64 memiliki aktivitas sitotoksis tertinggi terhadap sel HepG. “Jadi, bekatul beras hitam potensi untuk mengobati penyakit kanker hati,” papar Rizal. 

Hasil penelitian ini sebagarai prasyarat untuk memperoleh gelar Doktor di UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES