Peristiwa Daerah

Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi di Dishub Kota Kediri

Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:29 | 61.67k
Sosialisasi saber pungli di dinas perhubungan kota kediri. (FOTO: Istimewa)
Sosialisasi saber pungli di dinas perhubungan kota kediri. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pokja Pencegahan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kota Kediri atau Tim Saber Pungli Kota Kediri menggelar sosialisasi pencegahan tindak pidana pungli. Kali ini dilakukan dihadapan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri, Rabu (17/10). 

Hadir dalam kegiatan ini  Inspektur Kota Kediri Maki Ali yang menjabat sebagai Wakil Ketua I UPP, Kepala Dinas Perhubungan Ferry Djatmiko, dan ASN Dishub Kota Kediri, dengan narasumber dalam sosialisasi ini adalah Sigit Artantojati dari Kejaksaan Negeri Kota Kediri dan Kasat Binmas Polres Kediri Kota AKP Kus Sumardi.

Sosialisasi-saber-pungli-2.jpg

Digelarnya sosialisasi di Dishub kota Kediri ini, seperti diketahui pada Dinas Perhubungan Kota Kediri terdapat berbagai pelayanan pada UPTD Perparkiran, UPTD PKB, UPTD PPMB dan UPTD Terminal.

Para ASN di lingkungan Dishub Kota Kediri diberi materi mengenai latar belakang pungli, pelaku-pelaku pada umumnya, instansi pelayanan, dan ancaman hukuman bagi pelaku pungli. UPP juga mengingatkan agar dalam melaksanakan tugasnya, dinas-dinas yang bersentuhan langsung melayani masyarakat dapat melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam memberikan pelayanan.

Peserta sosialisasi pun diajak untuk proaktif dalam upaya pencegahan pungutan liar. Mulai dengan berani mengatakan ‘stop pungli’, jangan memberi dan jangan menerima, serta laporkan bila menemukan praktik pungli di sekitarnya.

Sebelumnya, Tim Saber Pungli Kota Kediri telah melakukan uji petik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kecamatan Kota, dan RSUD Gambiran. Untuk selanjutnya sosialisasi pencegahan pungli akan dilaksanakan di PD Pasar Kota Kediri.

Sosialisasi ini dilakukan dengan menyasar kantor-kantor pelayanan masyarakat dan kelurahan-kelurahan karena disinyalir merupakan celah untuk melakukan pungli.

Selain itu upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pokja Pencegahan UPP Kota Kediri dengan pemasangan baliho dan penyebaran brosur yang berisikan tentang Saber Pungli dan sanksinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES