Peristiwa Daerah

TMMD ke-103  Wilayah Kodim 0822 Bondowoso Fokus Normalisasi Waduk

Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:04 | 46.67k
Anggota TNI Kodim 0822 Bondowoso bersama masyarakat melakukan normalisasi waduk di Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Anggota TNI Kodim 0822 Bondowoso bersama masyarakat melakukan normalisasi waduk di Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOTMMD ke-103 wilayah Kodim 0822 Bondowoso, fokus normalisasi waduk,di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Kamis (18/10/2018).

Normalisasi itu dilakukan, karena Waduk Solor terlihat sangat dangkal, dan tidak bisa menampung volume air yang banyak. Ketika menampung air lebih banyak, nantinya air tersebut akan disuplai untuk kebutuhan irigasi pertanian di desa setempat.

Menurut Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, normalisasi waduk tersebut dengan cara merehabilitasi plengsengan sepanjang 100 meter, pintu air waduk serta peningkatan jaringan irigasi waduk, dan jalan usaha tani Desa Solor. “Normalisasi, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi waduk di Desa Solor cukup penting,” terang Dansatgas TMMD ke-103 tersebut.

Kodim-0822-Bondowoso-2.jpg

Selama ini, kata dia, pemanfaatan waduk tersebut kurang maksimal karena mengalami pendangkalan terutama untuk sektor pertanian. "Sehingga perbaikan waduk ini masuk dalam sasaran pokok TMMD ke-103," sambungnya.

Waduk Desa Solor yang biasa untuk mengaliri kawasan pertanian, sering terhambat  karena mengalami pendangkalan. “Saya berharap, normalisasi bisa meningkatkan produktivitas pertanian serta mendukung program pemerintahan tentang swasembada pangan,” tutupnya.

Kepala Desa Solor, Supandi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kodim 0822 Bondosowo, Satgas Gabungan TMMD ke 103 yang telah menampung aspirasi masyarakat Desa Solor. Sehingga, kata dia, kesulitan tentang masalah irigasi persawahan yang berasal dari waduk ini bisa dimasukkan dalam program TMMD.

Kodim-0822-Bondowoso-3.jpg

"Waduk ini membutuhkan volume debit air yang lebih banyak. Dari Desa mengajukan keluhan masyarakat untuk plengsengan dan pendalaman waduk,” terangnya.

Dia memaparkan, bahwa pembangunan plengsengan dan pendalaman waduk, sangat betmanfaat untuk mengairi sawah karena penyimpanan air sangat dibutuhkan masyarakat.

Normalisasi waduk, di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, dalam TMMD ke-103 wilayah Kodim 0822 Bondowoso tersebut dibantu oleh masyarakat setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES