Gaya Hidup

Menggunakan Wortel untuk Perawatan Rambut, Caranya Mudah Lho!

Kamis, 18 Oktober 2018 - 03:41 | 266.45k
Manfaat wortel untuk perawatan rambut. (FOTO: seruni.id)
Manfaat wortel untuk perawatan rambut. (FOTO: seruni.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wortel dikenal sebagai sayur yang baik untuk kesehatan mata. Namun, tahukah Anda jika wortel juga bermanfaat untuk perawatan rambut? Salah satu manfaat wortel adalah mendorong pertumbuhan rambut.

Wortel kaya akan nutrisi seperti vitamin A, K, C, B6, B1, B3, B2, serat, dan fosfor yang tidak hanya baik untuk kesehatan rambut. Bagaimana caranya menggunakan wortel untuk merawat rambut? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini beberapa cara bagaimana Anda bisa memanfaatkan wortel untuk pertumbuhan rambut Anda.

1. Minyak Wortel

Untuk membuatnya, parut 1 buah wortel ke dalam gelas dan tambahkan minyak zaitun sampai gelas tersebut penuh, tutup gelas tersebut. Simpan gelas ini di tempat yang gelap selama satu minggu. Ketika minyak sudah berubah warna, saring wortel dan pindahkan minyak ke wadah yang bersih.

Untuk melakukan perawatan, pijatkan minyak ini pada kulit kepala selama 30 menit sebelum mencuci rambut Anda dengan shampo. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Masker Rambut

Anda bisa menggunakan campuran wortel, pisang, dan yogurt untuk bahan masker rambut. Masker ini tidak hanya akan mendorong pertumbuhan rambut, tapi juga mencegah rambut patah. Selain itu, masker ini juga akan membuat rambut menjadi lebih halus, lembut dan mudah diatur.

Untuk membuatnya, potong pisang dan wortel menjadi potongan kecil. Hancurkan dalam blender atau food processor bersama dengan yogurt. Setelah halus, Anda bisa menggunakan masker ini pada rambut Anda. Tutup dengan shower cap, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan shampo ringan. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.b

Selain campuran bahan di atas, Anda juga bisa membuat masker rambut dengan campuran minyak zaitun, sari bawang, serta sari lemon.

Sari bawang akan menutrisi folikel rambut, sedangkan sari lemon akan mendorong produksi kolagen shingga menstimulasi pertumbuhan rambut.

Itulah cara memanfaatkan wortel untuk perawatan rambut. Dengan cara di atas Anda bisa mendapatkan manfaat wortel selain untuk kesehatan mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES